by

Dinormalisasi Pekan Depan Waduk Pengantin Ali

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Waduk Pengantin Ali di wilayah RW 06 Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, akan dinormalisasi pekan depan. Hal ini untuk mengatasi genangan di wilayah tersebut.

Rencana normalisasi waduk yang berada di Jalan Pengantin Ali III ini, diutarakan Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, saat meninjau UPT Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Jakarta Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, yang lokasinya bersebelahan dengan Waduk Pengantin Ali, Jumat (27/1).

Dalam kesempatan ini, Anwar mengapresiasi pada Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Jakarta, yang telah memberikan izin alat berat masuk untuk normalisasi Waduk Pengantin Ali. Diharapkan saat pelaksanaan normalisasi berjalan lancar dan tidak mengganggu aktivitas kegiatan di balai latihan kerja ini.

“Waduk ini bisa mengatasi genangan di empat RT yang ada di RW 06 Ciracas,” jelas Anwar.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Kasudin SDA) Jakarta Timur, Wawan Kurniawan menjelaskan, normalisasi waduk akan dimulai pekan depan. Diawali dengan pembongkaran tembok dan pembuatan akses masuk alat berat melalui area UPT Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Jakarta Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

“Jika sudah selesai maka akan dilanjutkan dengan pelaksanaan normalisasi waduk,” bebernya.

Menurut Wawan, Waduk Pengantin Ali ini sebenarnya sudah dikeruk pada 2022 kemarin. Hanya memang hasil kerukan tidak bisa keluar lantaran tidak ada akses keluar masuk alat berat.

“Kini akses masuk alat berat telah diberikan. Normalisasi dapat segera dilakukan kembali,” katanya.

Sementara, Plt Kepala UPT Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Jakarta Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Fujiartanto menegaskan, pihaknya sangat mendukung kegiatan Pemprov DKI dalam normalisasi waduk. Karena ini untuk mengatasi masalah genangan di pemukiman warga.

“Kami sangat mendukung program normalisasi waduk karena ini untuk mengatasi genangan. Waduk juga menjadi kawasan destinasi wisata,” ungkap Fuji.

210