by

Sekda Himbau Agar Kepala Dinas, Camat, Lurah dan Kades Kelola Zakat Dengan Maksimal Untuk Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

-BERITA, BOGOR-263 views


Release Diskominfo Kabupaten Bogor

Senin, 28 Maret 2022

BABAKAN MADANG-Mewakili Bupati Bogor, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin hadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) se- Kabupaten Bogor tahun 2022, yang diselenggarakan di Bigland Sentul Hotel, Babakan Madang, Senin (28/3/22).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin mengungkapkan, ajakan berzakat adalah sebagai salah satu ketentuan syariah bukan semata-mata kewajiban antar umat tetapi manifestasi relasi sosial umat sebagai wujud ketakwaan dalam mewujudkan keadilan sosial. Menurutnya, pengelolaan zakat yang akuntabel dan transparan akan meningkatkan minat masyarakat untuk menjadikan Baznas sebagai pilihan utama dalam menyalurkan zakat. “Sehingga akan mendorong para Muzaki untuk mengeluarkan zakatnya,” tutur Sekda

Lanjut Burhanudin menerangkan, sebagai institusi resmi yang diberi kewenangan untuk mengumpulkan dana zakat, Baznas diharapkan berperan aktif dalam membantu program pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat.

“Rapat koordinasi pengelola Unit Pengumpul Zakat ini menjadi penting untuk menguatkan konsolidasi dan kinerja para pengumpul zakat baik pada perangkat daerah, kecamatan sampai ke tingkat kelurahan dan desa. Saya harap kegiatan ini dapat memaksimalkan dan meningkatkan efektifitas pengelolaan zakat baik dalam penghimpunan dan pendistribusian maupun pendayagunaan zakat di Kabupaten Bogor,” ungkapnya.