by

Jakarta Project Site Dikunjungi 26 Bappeda Provinsi

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebanyak 26 Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi dan Kabupaten dari wilayah Sumatera, Jawa dan Bali, Selasa (27/9), mengunjungi Jakarta Project Site ke proyek Mass Rapid Transit (MRT) fase 2 dan Halte Integrasi Centrale Stichting Wederopbouw (CSW)-ASEAN. Kunjungan ini diikuti 50 peserta dengan menggunakan transportasi Bus Transjakarta dari depan Gedung Balaikota DKI.

Wakil Kepala Bappeda Provinsi DKI Jakarta, Tri Indrawan menjelaskan, kunjungan ini masih dalam satu rangkaian kegiatan Jakarta Innovation Days. Kegiatan yang akan digelar hingga Rabu (28/9) besok ini, dalam rangka menyatukan persepsi dan sharing bersama agar inovasi di setiap daerah dapat terwujud nyata.

“Dalam mewujudkan inovasi harus dilakukan bersama agar hasilnya maksimal. Jadi kegiatan kita selama dua hari bersama Bappeda regional ini untuk sharing bersama, serta memberikan informasi cara mengimplementasikan,” kata Tri.

Melalui kunjungan ini, jelas Tri, pembangunan di Jakarta dapat terinformasikan langsung kepada 50 perwakilan Bappeda yang ikut, sehingga mereka bisa mengaplikasikannya sesuai kondisi daerah masing-masing.

“Yang namanya daerah itu saling berbagi informasi dan mendukung satu sama lain. Sehingga pembangunan yang ada di daerah masing-masing dapat terpublikasikan dan terwujud,” ucapnya.

Perwakilan Bappeda Provinsi Aceh, Marta Nazer, mengungkapkan rasa takjub dengan perkembangan Jakarta saat ini, mulai dari pembangunan Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), kemudian penerapan Integrasi Centrale Stichting Wederopbouw (CSW), ruang terbuka hijau Tebet Eco Park, serta pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).

“Saya terakhir ke Jakarta 2018 lalu. Teryata sekarang banyak sekali perubahan dan kemajuannya,” tutur Marta.

Dia juga menilai, sarana transportasi massal di Jakarta sangat nyaman, aman, mudah dan tertib. Dia berharap, ini dapat diterapkan di daerah Aceh.

“Apabila di daerah-daerah bisa diterapkan seperti ini maka kesejahteraan rakyat Indonesia akan lebih cepat terwujud. Penerapan antrian yang tertib, kebersihan, dan kemudahan angkutan umum ini patut dicontoh dan akan kami coba teapkan di Aceh,” terangnya.

Kekaguman terhadap layanan transportasi umum di Jakarta, juga diungkapkan perwakilan Bappeda Sumatera Barat, Violla Aristha. Menurut dia, angkutan umum seperti Transjakarta, Mikrotrans Jaklingko, MRT hingga LRT telah memberikan rasa keadilan bagi semua kalangan.

“Meskipun saya bukan warga Jakarta, tapi saya sangat bangga melihat perkembangan Jakarta saat ini. Inovasi yang ada di Jakarta akan kita coba kembangkan pula di Sumatera Barat,” tandasnya.

210