by

Ratusan Peserta Ikut Nasional Firefighter Skill Competition And Fire Safety Festival

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebanyak 500 peserta dan 100 ofisial dari 36 kabupaten, kota serta provinsi, Minggu (26/2), mengikuti Nasional Firefighter Skill Competition and Fire Safety Festival 2023 yang digelar Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan hingga Selasa (28/2) ini, dibuka Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safriza Z.A dan Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan.

Dalam sambutannya, Safriza Z.A mengatakan, anggota Damkar harus memiliki skill khusus dan mesti dilatih terus menerus karena tugasnya berhubungan dengan nyawa.

“Kita budayakan kompetisi ini setiap tahun untuk mengukur kemampuan anggota. Ada 21 tingkat kemampuan yang harus dikuasai dan latih terus menerus oleh anggota,” katanya.

Menurutnya, ada dua kategori yang dilombakan dalam kompetisi ini, yaitu Braveheart dan House Layying.

“Kedua kategori tersebut merupakan keterampilan dasar yang harus dimiliki semua anggota. Nantinya kami akan mencari juara 1,2 dan 3,” ungkapnya.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menambahkan, acara ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut HUT Damkar ke 104 pada 1 Maret mendatang.

Menurutnya, ada beberapa jenis keahlian yang dilombakan dalam kompetisi ini seperti Incident Command System (ICS), pemadaman kebakaran dan penyelamatan dengan mengunakan tangga manual, water rescue, yel terbaik dan kekompakan tim.

Adapun penilaian dalam kompetisi ini meliputi kecakapan komandan insiden memimpin operasi pemadaman dan penyelamatan, kerapian anggota, pengoperasian pompa portabel, P3K, pembuatan jalur evakuasi korban di ketinggian dan waktu perlombaan.

Meski sarat persaingan, lanjut Satriadi, kompetisi ini menjadi penyemangat jajaran petugas pemadam untuk meningkatkan keahliannya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warga.

“ini bisa menjadi motivasi petugas untuk terus meningkatkan dedikasi dan profesionalisme, serta membuktikan mereka mampu dan punya keahlian yang mumpuni di bidangnya. Kami yakin DKI Jakarta menang di tingkat nasional,” tandasnya.

210