by

Penataan Kawasan Rawa Barat Riverside bersama CSR IWABRI

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Gencarnya penataan kawasan di wilayah DKI Jakarta mendorong Bank BRI melalui Ikatan Wanita BRI (IWABRI), untuk berpartisipasi melalui program tanggung jawab sosial atau Coorporate Social Responsibility (CSR).

Tak hanya mengedepankan unsur estetika wilayah, IWABRI juga melibatkan partisipasi aktif masyarakat di sekitarnya untuk mengembangkan pertanian perkotaan (urban farming) melalui media hidroponik. Salah satunya di wilayah RT 02/002 Kelurahan Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Menurut Ketua IWABRI BRI Kantor Regional 2 Jakarta, Mery Prasetya Sayekti, potensi pengembangan tanaman dengan sistem hidroponik di RT 02/002 Kelurahan Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini cukup besar.

“Tak hanya untuk konsumsi pribadi, bercocok tanam hidroponik bisa membantu ekonomi keluarga karena sebagian hasilnya bisa untuk dijual,” kata Mery di Rawa Barat Riverside, Jumat (26/5).

Kegiatan hari ini, jelas Mery, selain ada penyuluhan tentang cara bercocok tanam yang baik juga ada program menanam aneka jenis sayur mayur secara hidroponik. Seperti Kangkung, Pakcoy, Selada, Sawi, Kailan dan lainnya.

Wakil Camat Kebayoran Baru, Sulistio Cahyono, mengapresiasi Ketua IWABRI bersama para anggotanya yang turun langsung melakukan pendampingan kepada warga Kelurahan Rawa Barat.

“Para perangkat wilayah seperti RT/RW/LMK dan FKDM harus bisa menjaga aset CSR yang sudah diberikan dengan baik karena nilainya lumayan,” ujarnya.

Sementara, Hasanah, salah seorang warga Kelurahan Rawa Barat, sangat antusias dengan program hidroponik tersebut. Ia juga berharap, sayuran dari hasil hidroponik yang ditanamnya itu nantinya bisa djual di warungnya.

“Lumayan banget buat nambah variasi jualan di warung,” ucap Hasanah.

210