by

Musrenbang Desa Tajur Tahun 2023, Prioritaskan Masyarakat Sehat Dan Menuntaskan Kemiskinan

Berita Tajur, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Desa Tajur, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor menyelenggarakan Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang) Tahun Anggaran 2023,Prioritas Pemdes Tajur menciptakan Masyarakat Sehat, kenyamanan Lingkungan, dan menuntaskan Kemiskinan.

“Musrenbang Desa Tajur yang pasti kita melalui tahapan prosedur yg sudah dilaksanakan, Pertama Kita melakukan Musyawarah lingkungan disetiap RW (Muswil) melibatkan LKD, Ketua RT/RW, LPM, Karang Taruna, BPD, dan juga para penggeak PKK lingkungan,”Ucap Ade Safrudin, SH Kepala Desa Tajur, Selasa (27/9/2022).

Dasar dilakukan Muswil tersebut bertujuan agar diajukan kepada bagian Perencanaan yaitu Penyusun RKPD sebagai bahan Musrenbang, setelah itu data Pengajuan dimasukkan ke sistem SIPD.

Pemerintah Desa Tajur mengumpulkan semua Stakeholder untuk Memusyawarahkan bersama dan menentukan skala Prioritas Program-Program di tahun 2023.

“Yang harus kita utamakan adalah sisi Kesehatan, Keamanan, Kenyamanan, dan juga Kesejahteraan kesinambungan kedepan, dari poin-poin itu kan kami Prioritaskan kedepan,” Ujarnya.

Dan demi menciptakan Masyarakat Sehat dan Kenyamanan Lingkungan, di program tahun 2023 Pemdes Tajur memprioritaskan bagaimana menanggulangi kendala sampah di Desa Tajur.

“Kami dorong untuk pengadaan alat pembakar sampah disetiap RW, di Desa Tajur ada 8 RW dan nanti juga disitu dengan kelengkapan yang diperlukan untuk mengangguli dari sisi penyelesaian terkait Sampah, demi menciptakan Masyarakat yang Sehat” tegasnya.

Demi menuntaskan kemiskinan Pemdes Tajur memprioritaskan kondisi-kondisi Rumah warga yang perlu direnovasi, karena jika mengandalkan Program Rutilahu dari Pemerintah Daerah tidak akan tercukupi koutanya.

Sekertaris Kecamatan Citeureup Ibu Luthfi sebagai Perwakilan dari Camat Citeureup menyampaikan terkait Musrenbang di Desa Tajur tersebut.

“Alhamdulillah musrenbang di desa tajur berjalan, dengan lancar yang datang dan hadir cukup banyak dari berbagai lapisan baik itu lintas stakeholder maupun masyarakat dan tokoh masyarakat,” ucap Sekcam Citeureup, Selasa (27/9/2022).

Lalu ia mengatakan bahwa dalam Perumusan Musrenbang tersebut secara teratur dan Sistematis, disampaikannya juga RKPD tahun 2023 untuk Perencanaan di tahun 2024 yang menjadi rumusan Usulan Musrenbang Desa Tajur ditahun 2024

“Usulannya untuk seluruh bidang, intinya Pancakarsa, baik itu bogor cerdas, bogor sehat, bogor membangun, Bogor berkeadaban, dan Bogor maju,” tutur Sekcam

Harapannya dengan Aspirasi masyarakat bisa tertampun dan di realisasikan sehingga Desa Tajur menjadi lebih baik dan maju di tahun berikutnya.

Riyan