by

Indonesia Berduka, Buya Syafii Maarif Wafat

Berita Jogjakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Indonesia kembali berduka Tokoh besar dan hebat pemersatu bangsa Indonesia Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif wafat pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Buya Syafii Maarif lahir 31 Mei 1935 Nagari Calau, Sumpur Kudus, Minangkabau pada 31 Mei 1935. Ia terlahir dari pasangan Ma’rifah Rauf Datuk Rajo Malayu, dan Fathiyah. Bungsu dari 4 kakak adik, seibu seayah, dan seluruhnya 15 orang bersaudara seayah berlainan ibu.

Ayahnya adalah saudagar gambir, yang belakangan diangkat sebagai Kepala Suku di kaumnya.Sewaktu Buya Syafii berusia satu setengah tahun, ibunya meninggal. Syafii kemudian dititipkan ke rumah adik ayahnya yang bernama Bainah, yang menikah dengan adik seibu ibunya yang bernama A. Wahid.

Sontak berita duka Buya Syafii bergema di jagat twitter, ucapan berduka cita dari para netizen dan para pejabat negara bersaut-sautan sambil menyisipkan kisah teladan almarhum semasa hidupnya. Diantaranya termasuk Mahfud MD yang menuturkan duka citanya Inna lillah wa inna ilaihi raji’un di wall twitternya.

Sementara itu Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Buya Syafii Maarif. “Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na’im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan do’a dari semuanya,” tutur Haedar.

Dan almarhum akan di makamkan di Pemakaman Muhammadiyah di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo.

210