by

Terus Digencarkan Edukasi Penanganan Penyakit Ginjal Akut Anak

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Pusat terus melakukan edukasi terkait upaya pencegahan dan penanganan untuk mengantisipasi penyakit ginjal akut misterius pada anak. Edukasi disampaikan dalam berbagai layanan kesehatan.

Kepala Sudin Kesehatan Jakarta Pusat, Rismasari mengatakan, edukasi diberikan agar warga mengetahui penyebab penyakit ginjal akut misterius serta upaya pencegahan dan penanganan terhadap anak yang mengalami sakit demam.

Ia mengungkapkan, Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga telah menggelar sosialisasi secara online kepada seluruh kader seperti posyandu, dasawisma, Jumantik, PKK, FKDM, dan pengurus RT/RW pada pekan lalu.

“Sosialisasi bertujuan agar kader memahami dan mampu mengedukasi warga seputar upaya pencegahan penyakit ginjal akut misterius dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Kami juga mengedukasi tentang anak yang mengalami demam dengan membawa ke rumah sakit untuk diperiksa serta mendapatkan obat sesuai indikasi, dosis, aturan pakai dan memahami efek samping ditimbulkan,” ujar Rismasari, Selasa (25/10).

Ia memaparkan, pihaknya juga berperan dalam pengawasan, pembinaan dan pengendalian ke fasilitas kesehatan, toko obat dan apotek di Jakarta Pusat.

“Kami mengimbau tim nakes di 67 faskes lebih yakni puskesmas, rumah sakit dan puluhan klinik mandiri yang tersebar di delapan kecamatani sementara waktu tidak merekomendasi pemberian obat sirup kepada anak-anak hingga dikeluarkan keputusan dari instansi berwenang yang mengizinkan peredaran obat obatan,” paparnya.

Upaya serupa juga dilakukan kepada 200 lebih apotek dan toko obat yang beroperasi di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat. Pemilik toko obat dan apotek diimbau sementara waktu tidak memajang di etalase, obat-obatan sirup pereda panas anak.

“Kami juga akan melaporkan kepada instansi terkait bila apotek atau toko obat yang masih menjual obat sirup pereda panas anak,” tandasnya.

Jmy