Perhelatan Demokrasi Diharap Ketua ADSPI Berjalan Kondusif

BERITA, JAKARTA27 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Ketua Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) yang juga Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, meminta semua pihak untuk menjaga situasi agar perhelatan demokrasi berjalan kondusif.

Hal ini disampaikan Prasetio, saat pembukaan Rapat Koordinasi (Rakor) ADPSI dan Asosiasi Sekretaris DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ASDEPSI) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Rakor ini diselenggarakan selama tiga hari, sejak Senin (24/10) hingga Rabu (26/10) besok.

Menurut Pras, rapat ini sebagai sarana untuk menyamakan persepsi atas suatu permasalahan yang mungkin terjadi saat pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 nanti.

“Ini juga sebagai langkah aspiratif asosiasi menyikapi problematika yang terjadi di lapangan,” katanya, Selasa (25/10).

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Suhajar Diantoro menambahkan, demi terlaksananya pesta demokrasi serentak yang kondusif, maka seluruh jajaran pemerintah serta masyarakat harus menjalankan kewajiban sesuai ketentuan yang telah disepakati.

Penyelenggaran Pemilihan seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), juga Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), kata Suhajar, harus on the track pada tugas, fungsi dan kewenangannya, serta bertindak netral dan berintegritas.

Untuk peserta Pemilu, dia berharap untuk mengikuti proses pemilihan dengan baik, siap menang dan siap kalah, serta menjauhi politik uang, black campaign, hoaks juga kecurangan lainnya.

“Masyarakat selaku pemilih, diharapkan menjadi aktor utama terwujudnya Pemilu yang kondusif, aman, damai, tertib dan lancar,” tandasnya.

Jmy