by

Bupati Karo Sampaikan 5 Penegasan Bagi ASN Karo Di Acara Teknokratik RPJMD

 

Berita Karo.OLNewsindonesia,Kamis(26/11)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH memberikan 5 poin penegasan kepada ASN Pemkab Karo saat digelar pertemuan pembahasan dan finalisasi rancangan teknokratik RPJMD Kabupaten Karo Tahun 2022-2026, Kamis (26/11) 2020 pukul 10.30 WIB di ruang aula lantai 3 (tiga) kantor Bupati.

Isi penegasan itu disebutkan :
1. Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang didukung oleh data yang valid sehingga kepada semua perangkat daerah agar menguasai data dan melihat trend perkembangan minimal 5 tahun terakhir, guna mengetahui permasalahan dengan tepat.
2. Lakukan evaluasi menyeluruh terhadap RPJMD Kab. Karo tahun 2016-2021 yang kita jalani bersama, cermati capaiannya dan ketahui hambatannya yang dialami selama ini.
3. Lakukan analisis kemampuan keuangan secara cermat, optimis tapi tetap realistis, untuk menentukan sasaran RPJMD berikutnya.
4. Cermati dan identifikasi permasalahan pembangunan Kab. Karo yaitu kesenjangan antara kinerja pembangunan yang dicapai saat ini dengan direncanakan dan kesenjangan yang akan dicapai masa mendatang.
5. Cermati dan identifikasi isu strategis yang berkembang saat ini yaitu kondisi atau hal yang harus diperhatikan atau dikedepankan karateristik bersifat penting mendasar, mendesak, berjangka menengah /panjang.

Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH saat memberikan paparan dalam acara pertemuan pembahasan dan finalisasi rancangan teknokratik RPJMD Kabupaten Karo di Aula Kantor Bupati Karo Kabanjahe  Kamis (26/11) 2020 (Ist)
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH saat memberikan paparan dalam acara pertemuan pembahasan dan finalisasi rancangan teknokratik RPJMD Kabupaten Karo di Aula Kantor Bupati Karo Kabanjahe Kamis (26/11) 2020 (Ist)

Lanjutnya, Tim penyusun rancangan teknokratik RPJMD yang telah bekerja mulai dari awal pembentukan tim, orientasi tim, pengumpulan data, penelahan dan analisis sehingga berorientasi kepada 5 (lima) penegasan tersebut, sudah sepatutnya menjadi acuan,”terangnya.

Namun demikian, Terkelin mengingatkan kedepan tantangan baru akan muncul tidak seperti biasa, ada perkembangan teknologi informasi. Salah satu contoh penerapan teknologi informasi dalam perencanaan yang telah diamanatkan melalui aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah ( SIPD) yang dirancang perencanaan lebih terbuka, sistematis dan tepat waktu.

Untuk itu kesalahan kedepan, apabila gilirannya sasaran yang sudah kita tetapkan tidak akan tercapai alhasil masyarakat jadi korban, ini jangan pernah terjadi. Tantangan berikutnya, kita merasakan pengaruh pandemi Covid-19, yang tidak akan selesai dalam waktu dekat sehingga harus ada adaptasi kebiasaan baru, hal ini harus juga disesuaikan cara bekerja, “tegas Bupati.

Hadir dalam acara ini Kementerian Dalam Negeri Bob Ronald F. Sagala, Kepala Bapeda Provinsi Sumut Pahala, Kepala Bappeda Kab. Karo Ir, Nasib Sianturi, Msi dan OPD Kab. Karo.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.