by

Kabupaten Karo Tuan Rumah HKN Ke 54 Tingkat Provinsi Sumut

Berita Karo.OLNewsindonesia,Senin(26/11)

Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 54 Tahun 2018 Tingkat Propinsi Sumatera Utara diselenggarakan di wilayah Kab. Karo tepatnya di Taman Mejuah Juah Berastagi, pada Senin (26/11) 2018 berupa Bakti Sosial dengan Tema : Ayo hidup sehat, mulai dari kita”.

Implemitasi, kegiatan tersebut berupa pelayanan kesehatan bergerak dilaksanakan Tanggal 26 s. d 27 November 2018. Acara Kegiatan ini juga mengadakan Senam GERMAS, Pameran Kesehatan, Penyerahan Kartu BPJS Kesehatan, Dekla Buang Air Besar Sembarangan Dari Kecamatan Tiga Binanga , Dan Desa Guru Singa Kecamatan Berastagi, Ujar Drs. Agustama, APT, M.KES kepala Dinas Kesehatan Provsu dalam Laporannya, sekira pukul 08.00 WIB.

Sambungnya, Jenis Pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada masyarakat di Kab. Karo ini meliputi pelayanan pengobatan, pelayanan pemeriksaan kadar gula, darah ,asam urat ,kolesterol, pemeriksaan mata, pemberian kaca mata gratis sebanyak 300 di lapangan ini dan 30 lagi untuk Kec. Juhar , Tiga Nderket dan Lau Baleng, Iva Tes sebanyak 450 Orang di Tiga Kecamatan, pemeriksaan Spirometri sebanyak 200 Orang, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan jiwa, pelayanan penyehat tradisional, pemeriksaan kualitas udara, donor darah, ” paparnya.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana, mengatakan terima kasih kepada gubernur Sumatera Utara yang diwakili Doktor Asren Nasution, MA Staf Ahli Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat, telah memilih Kab . Karo sebagai tempat terselenggaranya hari kesehatan Nasional ke 54 Tahun 2018 ini, ” kata Terkelin Brahmana sembari memberikan ucapan selamat datang dari pihak Provsu.

Menurut Terkelin, dengan adanya kegiatan tersebut melalui dinas kesehatan Karo, yang selama ini sudah membangun komunikasi dengan dinas propinsi Sumut, sudah sangat baik, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana berjalan lancar dan sukses.

Untuk kedepan, jalin terus komunikasi agar hal hal seperti ini, dapat tercipta kembali ditahun tahun berikutnya ataupun ada kesempatan, bisa bersinergi dan bekerjasama lagi untuk kepentingan masyarakat Karo khususnya, ” ungkap Terkelin.

Ket foto : Bupati Karo Secara simbolis memberikan Kartu Indonesia Sehat ke pada masyarakat di Taman Mejuah juah Berastagi, Senin (26/11) 2018
Ket foto : Bupati Karo Secara simbolis memberikan Kartu Indonesia Sehat ke pada masyarakat di Taman Mejuah juah Berastagi, Senin (26/11) 2018

Atas nama Pemerintah Kab . Karo kami mengucapkan selamat dan sukses hari Kesehatan Nasional, dengan tema Ayo hidup sehat, mulai dari kita”. imbuhnya.

Sedangkan Gubernur Sumatera Utara melalui Doktor Asren Nasution, MA Staf Ahli Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat, menyampaikan terima kasih yang sebesarnya kepada Pemerintah Kabupaten Karo dan semua pihak,telah berpartisipasi dalam kegiatan Ini, “, sebut Asren dalam sambutannya.

” Harapan kami kerjasama telah kita jalin selama Ini, terus berkelanjutan untuk mewujudkan segala kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini, di akhir kata atas nama Gubernur Sumatera Utara berpesan jadilah Kab . Karo bagian dari daerah Maju , Aman Dan Bermartabat, ” tutupnya.

Penyerahan Kartu Indonesia Sehat secara simbolis kepada masyarakat dimulai dari Doktor Asren Nasution, MA Staf Ahli Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat,propinsi Sumut, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dan para SKPD Karo secara bergiliran menyerahkan kartu BPJS tersebut.

Turut hadir dalam acara ini Sekda Kab. Karo Drs. Kamperas Terkelin Purba, Kadis kesehatan Kab . Karo drg. Irna Safrina Meliala, Kadis Perhubungan Gelora Fajar, SH, Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi, Msi Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan Kadis Perikanan dan Peternakan Metehsa Purba, Direktur RSU kabanjahe dr Arjuna Wijaya S, Pp, Kabag Sosial Maria Magdalena br Barus, para Camat se-Kab. Karo, para OPD Kab . Karo, para ASN Provsu, Muspika Kec. Berastagi, masyarakat Lansia, dan tokoh agama serta tokoh masyarakat.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.