Safari Gemarikan di Menteng Dalam Sasar 200 Murid SD

BERITA, JAKARTA9 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan menggelar kegiatan Safari Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SDN Menteng Dalam 01, Tebet, Jakarta Selatan.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan, Hasudungan A. Sidabalok mengatakan, Safari Kampanye Gemarikan yang sudah keempat kalinya diadakan ini diikuti 200 pelajar dari SDN Menteng Dalam 01, Tebet dan SDN Setiabudi 01, Setiabudi.

“Safari Kampanye Gemarikan bertujuan memperkenalkan anak bahwa makan ikan sangat baik bagi kesehatan dan kecerdasan karena mengandung protein hewani,” ujarnya, Kamis (24/8).

Hasudungan menjelaskan, dalam kegiatan ini, para peserta diajak mengkonsumsi makanan olahan ikan seperti, bakso ikan, sosis, siomai ikan, ebi furai dan nugget ikan. Tujuannya agar anak-anak menyukai makan ikan dengan bentuk yang berbeda-beda.

Ia menjelaskan, kegiatan ini juga diisi dengan memberikan makanan olahan ikan kepada para balita terindikasi stunting, pertunjukan sulap dan tari-tarian.

“Kegiatan ini diharapkan bisa efektif menumbuhkan kesadaran gizi individu maupun kolektif agar gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat dan halal,” ucapnya.

Kepala Bagian Perekonomian Jakarta Selatan, Mumu Mujtahid menambahkan, kegiatan ini dapat meningkatkan konsumsi makan ikan di masyarakat, terutama bagi generasi muda.

Saat ini, konsumsi makan ikan warga Jakarta Selatan di tingkat nasional terbilang masih rendah dengan angka 43,56 kilogram per kapita atau per tahun pada 2021.

“Kami semua berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut dengan peserta di tahun depan lebih banyak dari tahun ini,” tandasnya.

210