by

Untuk Memonitoring Seleksi PPK, KPU RI Kunjungi KPU Kabupaten Karo

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo pada Rabu kemarin (23/11.2022) menerima kunjungan kerja dari Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Parsadaan Harahap, dalam rangka monitoring atas Pelaksanaan Seleksi Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilu Tahun 2024.

Kunjungan tersebut didampingi tim dari KPU RI serta jajaran KPU Sumatera Utara, yang juga turut dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara, Herdensi, anggota KPU Provinsi Sumatera Utara Mulia Banurea beserta jajarannya. 

Kedatangan Parsadaan ke KPU Kabupaten Karo merupakan kunjungannya yang pertama, ia menegaskan kunjungan ini adalah bagian dari proses monitoring KPU RI hingga ke daerah-daerah di Indonesia, sebab ia ingin mengetahui secara langsung bagaimana persiapan tahapan Pemilu 2024 pada daerah-daerah yang ada di setiap Provinsi.

“Kunjungan saya dalam rangka memastikan teman-teman di KPU Kabupaten Karo benar-benar telah siap melakukan semua tahapan dan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan yang berkaitan dengan persiapan Pemilu 2024,” ujar Parsadaan.

Parsadaan juga berpesan agar setiap jajaran di KPU Kabupaten Karo tetap menjaga kesehatan ditengah-tengah padatnya jadwal tahapan yang sedang dilaksanakan oleh KPU. Dan dalam rangka monitoring ini, disamping melihat tahapan perekrutan bakal calon anggota badan Adhoc yang diketahui, saat ini mulai Minggu tanggal 20 November 2022 KPU Kabupaten Karo telah membuka pendaftaran PPK yang akan berakhir hingga Selasa tanggal 29 November 2022 mendatang, ia juga ingin melihat secara langsung proses tahapan verifikasi Partai Politik (Parpol)
Dua tahapan inilah, yang saat ini menjadi fokus Parsadaan dalam melakukan monitoring langsung ke KPU Kabupaten Karo.

Ketua KPU Kabupaten Karo Gemar Tarigan dalam sambutannya, menyampaikan bahwa, ia mendapatkan laporan sampai saat ini jumlah masyarakat yang melakukan pendaftaran untuk menjadi PPK dalam aplikasi SIAKBA hingga tanggal 23 November 2022 hari ini cukup ramai, karena didukung adanya kemudahan akses pendaftaran melalui website siakba.kpu.go.id.

“Semoga jumlah ini akan terus meningkat hingga akhir pengumuman dan menjadi salah satu sinyal di KPU Kabupaten Karo khusunya Sumatera Utara, bahwa KPU Kabupaten Karo sudah bekerja dengan baik. Ini juga sebagai respon baik dari apa yang sudah disampaikan ke masyarakat,” ungkapnya. 

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang sudah mendaftar juga mempermudah KPU dalam memilih anggota badan Adhoc. Nantinya akan didapatkan petugas di tingkat kecamatan hingga desa yang memiliki kualitas dan integritas sesuai dengan kualifikasi yang sudah ditentukan.

(David)