by

Capai 25 Persen Progres Renovasi Jembatan Cinta

Berita Kepulauan Seribu, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu terus mengebut pengerjaan renovasi Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Hingga kini, progres renovasi sudah mencapai 25 persen.

Kepala Seksi Pencahayaan Kota Unit Kerja Teknis (UKT) 2 Kepulauan Seribu, Wibi Abdi mengatakan, pengerjaan renovasi Jembatan Cinta sepanjang 200 meter dan sudah dikerjakan sejak Agustus 2022.

“Ditargetkan pertengahan bulan Desember 2022 selesai dan sudah bisa dimanfaatkan wisatawan saat pergantian tahun,” ujar Wibi, Sabtu (24/9).

Dikatakan Wibi, proses pengerjaan melibatkan sebanyak 58 pekerja. Pihaknya memastikan, sistem kerja telah memenuhi kriteria keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta para pekerja dilindungi oleh program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Mereka telah dilindungi dengan BPJS Ketenakerjaan agar ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan para pekerja sudah mendapat jaminan dari pihak kontraktor,” katanya.

Selain dilindungi BPJS, Wibi menambahkan, pekerja juga melakukan antisipasi dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) saat berkerja, seperti jaket, helm, sepatu boots dan lain-lain sesuai aturan yang berlaku.

Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi meminta agar masyarakat ikut melakukan pengawasan terhadap proses pekerjaan renovasi Jembatan Cinta yang menggunakan anggaran belanja negara daerah (APBD) sekitar Rp 8,4 milliar. Renovasi jembatan cinta ini termasuk dalam Kegiatan Strategis Daerah (KSD) Kepulauan Seribu.

“Jembatan cinta sudah lama menjadi destinasi wisata ikonik Kepulauan Seribu khususnya pariwsata permukiman di Pulau Tidung,” tandasnya.

Junaedi menambahkan, progres pembangunan infrastruktur khususnya yang menunjang sektor kepariwisataan di Kepulauan Seribu menjadi perhatian utama.

210