by

Bis Sekolah Listrik Di Amerika Ini Sudah Lewati 500.000 Mil Layanan

Berita Otomotif, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Salah satu produsen bis / bus sekolah di Amerika, Thomas Built Buses baru saja mencapai tonggak sejarah besar dengan bantuan dari dealernya yang berbasis di Virginia, Sonny Merryma, Bus sekolah listrik Saf-T-Liner C2 Jouley kini telah berjalan lebih dari 500.000 mil / 804.670 KM.

Bus sekolah listrik pertama yang diluncurkan di negara bagian Virginia adalah Saf-T-Liner C2 Jouley dari Thomas Built Buses pada November 2020.

Satu bus listrik C2 Jouley dapat mengangkut 81 siswa dengan jangkauan hingga 138 mil dan kapasitas baterai standar 226 kWh.

Virginia sekarang memiliki total 64 bus listrik. 50 yang pertama dibeli dan disebarkan melalui program Dominion Energy, dan 14 sisanya dibeli menggunakan dana dari program bus sekolah listrik American Power.

Perjalanan sejauh 500.000 mil mencakup beberapa medan yang berbeda (kota, pedesaan, dan perbukitan) dan jarak dari kurang dari 20 mil hingga lebih dari 90 mil. Meskipun bis listrik hanya digunakan untuk rute sekolah reguler, beberapa telah digunakan untuk kunjungan lapangan, kompetisi band, dan banyak lagi.

450.000 bis sekolah kuning di seluruh Amerika Serikat menempuh jarak lebih dari 4,3 miliar mil setiap tahun, menurut data informasi dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Departemen Transportasi AS.

Meskipun Badan Lingkungan Milik Negara Amerika, U.S. Environmental Protection Agency (EPA) telah memperkenalkan standar ketat, masih banyak bus sekolah masih memakai bahan bakar diesel yang berbahaya.

Dengan perubahaan pendanaan federal diharapkan transisi ke tenaga listrik menjadi lebih cepat, maklum negara ini ingin segera melepas ketergantungan dari energi fosil.

Pada Juni 2022, 38 negara bagian telah mengadopsi bis sekolah listrik berkat beberapa inisiatif seperti program Clean School Bus senilai $5 miliar .

210