by

IDI Siap Membantu Pemda Karo, Bupati : Peran IDI Dibutuhkan Menangkal Hoak

Berita Karo.OLNewsindonesia,Rabu(25/03)

Organisasi profesi IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Kab. Karo menegaskan akan membantu Pemda Karo dalam mensosialisasikan antisipasi penyebaran penanganan Covid-19 yang saat ini dinyatakan siaga darurat bencana Nasional Non-alam. Hal ini dikatakan ketua IDI Kab Karo Dr Herman Bangun saat memberi saran dan masukan kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, di ruang kerjanya Selasa (24/03)2020.

Herman mengaku, saat ini IDI cabang Kab. Karo ada berjumlah 70 orang tenaga medis, yang selalu siap membantu pemerintah Kab . Karo , untuk itu dia meminta kepada Bupati agar IDI dapat dilibatkan setiap rapat dan kegiatan yang dilakukan tim Gustu. Dengan kehadiran IDI nantinya bersama dengan tim Gusta (Gugus Tugas ) yang telah dibentuk, minimal IDI sesuai peran dokter dapat memberikan sosialisasi tentang sosial distancing, dan pemberian vitamin /fooding bagi tenaga kesehatan (Nakes ) untuk meningkatkan daya tahan tubuh, “terangnya.

Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH saat menerima kunjungan dari Organisasi IDI Kabupaten Karo di Ruang Kantor Bupati Karo membahas tentang pengantisipasian  virus Corona di Kabupaten Karo, Rabu (15/03) 2020 (Ist)
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH saat menerima kunjungan dari Organisasi IDI Kabupaten Karo di Ruang Kantor Bupati Karo membahas tentang pengantisipasian virus Corona di Kabupaten Karo, Rabu (15/03) 2020 (Ist)

Selain itu, IDI akan menyampaikan terkait persiapan ruangan dan Nakes kepada masyarakat, mengingat saat ini diyakini trend terinfeksi meningkat beredar dikalangan masyarakat.Justru ini, peran IDI untuk menangkal hal yang berkaitan penanganan Covid-19 yang selama ini Mis-Informasi yang tersebar berseliweran dimana mana, dampak ini menimbulkan keresahan, kekhawatiran, kecemasan bahkan berujung Paranoid,”papar Dr Herman.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH menyambut positif keberadaan IDI cabang Kab. Karo, dengan meminta IDI untuk dilibatkan, dalam tim Gusta dalam melawan Covid-19.Kehadiran IDI ini kedepan dapat menangkal berita hoaks bertebaran dan masyarakat dapat termotivasi kesadarannya, jika IDI menghimbau social distancing, maka peran IDI-lah dibutuhkan disini, “kata Terkelin.

Sikap IDI ini, akan kita sampaikan kepada ketua Gusta, namun kebetulan ada unsur Gugus tugas Kadis Kesehatan bersama kita disini, maka alangkah baiknya Kadis Kesehatan kordinasikan dengan tim Gusta yang lainnya, sesuai mekanisme yang ada, walaupun kita tidak sama, tapi kita Bekerjasama,”tambah Terkelin.

Hal serupa dikemukakan Kadis Kesehatan Drg Irna Safrina Meliala, bahwa peran IDI cabang Kab. Karo sangat membantu jika dapat berkolaborasi dengan tim Gusta yang sudah berkerja sejak dibentuk, tentu dalam hal mengedukasi masyarakat terkait Covid-19,”ujarnya.

Dikesempatan itu, Irna menyebut akan memfasilitasi keinginan IDI cabang Kab . Karo kepada ketua tim Gusta untuk setiap pertemuan di Pemda Karo akan melibatkan dan mengundang IDI dan saat kelapangan bersama Bupati, Dinkes dan Tim Gusta, IDI akan kita jamin untuk ikut,”pungkasnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.