by

Pramuka Gugus Depan Karo SMA Negeri 1 Berastagi Kembali Gelar BSC V

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Gerakan Pramuka Gugus Depan Karo 02-189/02-190 SMA Negeri 1 Berastagi kembali melaksanakan kegiatan “Berastagi Scouting Challenge V” selama 3 (tiga) hari dari tanggal 23 s/d 25 Pebruari 2024 di area/lapangan sekolah SMA NEGERI 1 Berastagi jalan Djamin Ginting Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo.

Adapun tema kegiatan Berastagi Scouting Challenges yang ke V (lima) tahun ini adalah “PRASASTI” (Pramuka Kesatria, Berbudaya, Berasas Trisatya) dan di daulat sebagai ketua panitia adalah Ely Purwanti, SPd dan sebagai Ketua Sangga Kerja/Pelaksana Rio Arya Wijaya Sitepu, dengan jumlah 29 Pangkalan dari 30 Sekolah setingkat SMA/SMK se – Sumatera Utara dan Aceh jumlah Peserta keseluruhan sekitar 657 orang.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan Wilayah IV (empat) Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Salman Tanjung, S. Sos, M. AP dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Berastagi Scouting Challenges (BSC) ini, mendukung dan apresiasi pihak sekolah atas kegiatan tersebut.

“Kita berharap kedepannya agar semua sekolah yang bernaung di bawah Cabdis wilayah IV, untuk ikut kegiatan BSC yang ke VI nantinya dan tahun depan BSC bisa menjadi agenda tahunan Kwardasu,” harap Kacabdis ini.

Karena kita tahu bahwa kegiatan seperti ini sangat positif dapat mempererat Silaturahim sesama anggota Pramuka, meningkatkan ketrampilan anggota Pramuka serta Peserta makin dapat mencintai Budaya melalui kegiatan Pramuka sebagai salah satu Ekskul yang menguatkan program P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila),” tambah Kacabdis ini.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri Berastagi, Deni Tarigan, S.Pd saat dikonfirmasi, Sabtu (24/02.2024) sekira pukul 11.00 WIB di lokasi, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat kita harapkan berkelanjutan, dan selalu kita sebagai tuan rumah harus bisa mempertahankan dan menjaga nama baik sekolah kita, yang pasti saya sependapat dengan Kacabdis bahwa kegiatan ini bisa ditingkatkan menjadi program atau agenda Kwartir Daerah Sumatera Utara,” jelas Deni Tarigan yang merupakan Kamabigus 02-189/02-190 Pangkalan SMA Negeri 1 Berastagi ini.

Kegiatan selama 3 (tiga) hari tersebut mempertandingkan/memperlombakan tentang LKBB (Baris Berbaris) , Pionerring, LCTP (CerdasTangkas) Masakan Bahan Tradisional, Tari Kreasi Kebudayaan Sumatera Utara dan Video Kreatif serta, IG Chalenge dan Permainan Tradisional Terompah.

Selain Kacabdis Provinsi Sumatera Utara, kegiatan tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Berastagi atau yang mewakili, Komite Sekolah SMA Negeri Berastagi, Sekretaris Kwartir Cabang Karo, (J.Barus), Sekretaris Bina Muda Kwartir Cabang Karo (Syahlan Dani), Pengurus Alumni Ikasmansagi yang di ketuai Moh. Dalwan Ginting, SH,Sp.N, Perwakilan 30 sekolah se Sumut dan tamu undangan lainnya.

(David)