by

Dengan Sigap Polsek Simpang Empat & TNI AD Cegah Wisatawan Asal Rusia Ke Gunung Sinabung

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Menerima informasi adanya wisatawan asing yang hendak mendaki Gunung Sinabung, Polsek Simpang Empat bersama Personil Koramil 04 SP langsung melakukan upaya pencarian untuk pencegahan.

Saat dikonfirmasi oleh wartawan ke Kapolsek Simpang Empat AKP Dedy Syahputra Ginting, bahwa Kapolsek menyampaikan Wisatawan asing tersebut berjumlah 3 orang yang merupakan warga negara Rusia yakni Fasha (42), Timofei Zalnein (42) dan Aleksandr Voronkov (49).

Ketiganya ditemukan di tepian Danau Lau Kawar tepatnya di View Puncak Lau Kawar yang dikelola oleh Tokyo Karo Sekali, Jumat (23/04.2024) pukul 12.30 WIB kemarin, saat hendak melakukan persiapan pendakian.

“Jadi pagi sekira pukul 08.00 WIB sebelumnya ada kita terima informasi adanya 3 orang warga negara Rusia mengendarai mobil Daihatsu warna hitam yang akan melakukan pendakian ke Gunung Sinabung. Hingga langsung dilakukan pencarian dan ditemukan ketiganya di View Puncak Lau Kawar dalam keadaan sehat”, kata Kapolsek.

Dalam pencarian tersebut, Kapolsek bersama anggota, sempat melakukan pencaharian ke berbagai jalur akses yang dapat melakukan pendakian Gunung Sinabung diantaranya Jalur Desa Kota Tonggal, Desa Sukanalu dan Desa Sigarang garang, hingga akhirnya diperoleh informasi bahwa kendaraan diduga yang digunakan wisatawan asing tersebut, ditemukan terparkir dipinggir jalan sekitar Lapangan Parkir Danau Lau Kawar.

Setelah ditemukan dan dari hasil wawancara kepada ketiga wisatawan tersebut, ketiganya tinggal di salah satu penginapan Home Stay di Berastagi, dan memang berencana untuk melakukan pendakian ke Puncak Gunung Sinabung walau sudah diingatkan oleh pemilik penginapan untuk tidak melakukan pendakian.

“Kita bersyukur wisatawan ini belum sempat melakukan pendakian, karena ini sangat berbahaya mengingat status gunung Sinabung yang masih aktif”, kata Kapolsek.

Kapolsek Simpang Empat bersama anggota kemudian memberikan pemahaman kepada ketiga wisatawan asing tersebut untuk tidak melakukan pendakian ke kawasan gunung Sinabung dan mengarahkan ketiganya untuk meninggalkan lokasi zona merah dan kembali ke penginapan.

Terkait status Gunung Sinabung yang masih aktif, Kapolsek Simpang Empat memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk tidak mendatangi kawasan zona merah Gunung Sinabung.

“Untuk hindari kawasan zona merah Gunung Sinabung, kita tidak tahu kapan gunung itu meletus, sewaktu waktu terjadi dapat berakibat fatal bagi orang disekitarnya”, imbau Kapolsek.

(David – Boni)