by

Pelatihan Mobil Listrik Disiapkan PPKPI Pasar Rebo

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pusat Pelatihan Kerja dan Pengembangan Industri (PPKPI) Pasar Rebo, Jakarta Timur, menyiapkan satu unit mobil listrik jenis sedan untuk kegiatan pelatihan kerja bidang otomotif pada 2023 mendatang.

Kepala PPKPI Pasar Rebo, Budi Karlia Setiyanto mengatakan, pelatihan otomotif dengan menggunakan mobil listrik ini merupakan program baru untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat maupun daerah dalam mengatasi efek pemanasan global dan dan mengatasi emisi gas buang.

“Kita siapkan SDM berkualitas yang bisa mengikuti perkembangan zaman,” papar Budi, Rabu (23/11).

Menurutnya, dengan adanya mobil listrik ini maka menambah jumlah kendaraan yang dimiliki oleh PPKPI Pasar Rebo. Sebelumnya di lokasi pelatihan otomotif ada empat mobil konvensional dengan bahan bakar solar dan bensin.

Selain itu, ada tambahan engine stand atau mesin dalam kondisi utuh yang biasa digunakan untuk praktek khusus mesin dan sistem kelistrikan pada kendaraan.

“Untuk mendukung program ini, kami menyiapkan 10 SDM yang dilatih untuk menjadi instruktur mobil listrik,” tuturnya.

Rencananya, calon instruktur pelatihan otomotif mobil listrik ini akan mengikuti pelatihan Training of Trainers (ToT) di gedung PPKPI Pasar Rebo. Pelatihan akan digelar selama kurang lebih satu minggu sekaligus praktek langsung agar menguasai soal mobil listrik.

“Diharapkan kelak mereka bisa menuangkan ilmunya pada peserta pelatihan,” tandasnya.

210