by

Walantara Sumut Secara Simbolis Serahkan 5000 Bibit Pohon Di Objek Wisata Puncak Pelangkah Gading

Berita Karo.OLNewsIndonesia,Jum’at(24/01)

Untuk menjaga kelestarian alam, Dewan Pimpinan Wilayah Wahana Lingkungan Alam Nusantara (DPW Walantara) Sumut, melakukan penanaman 5000 bibit pohon di lokasi objek wisata Puncak Pelangkah Gading, Desa Kutambaru, Kec. Munte, Kab. Karo, Jumat (24/01) 2020 sekira pukul 11.00 WIB.

Penghijauan  ini, selain bermanfaat untuk kehidupan manusia, penghijauan juga bermanfaat untuk aneka satwa. Hal tersebut dikarenakan tidak hanya manusia saja yang bergantung dengan tanaman, namun satwa pun juga bergantung terhadap tanaman tersebut.

Ket foto : Ketua DPW Walantara Sumut Secara Simbolis Serahkan Bibit Pohon kepada Kadis Lingkungan Hidup Kab.Karo, di Objek wisata Puncak Pelangkah Gading Munte Kabupaten Karo, Jumat (24/01) 2020 (Ist)
Ket foto : Ketua DPW Walantara Sumut Secara Simbolis Serahkan Bibit Pohon kepada Kadis Lingkungan Hidup Kab.Karo, di Objek wisata Puncak Pelangkah Gading Munte Kabupaten Karo, Jumat (24/01) 2020 (Ist)

Faktanya adalah jika ada hutan yang gundul akibat kebakaran hutan atau penebangan pohon di hutan secara liar satwa yang tinggal di hutan akan keluar dari hutan. Oleh sebab itulah penghijauan sangat penting digalakkan dan berkesinambungan.

Pemahaman tentang betapa pentingnya mencintai lingkungan yang bersih dan lestari kepada para pelajar sejak usia dini sebagai bekal bagi generasi penerus bangsa. Hal itu di ungkapkan Thomson A Hutahean SH yang menjabat sebagai Ketua DPW Walantara Sumut, dihadapan ratusan pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA Anggota Pramuka, dalam sambutannya.

Terangnya kembali, dirinya juga menyampaikan kepada masyarakat, jika menemukan atau melihat kejanggalan atau kegiatan perusakan lingkungan ataupun pembuangan limbah sembarangan, dapat melaporkannya.

Ket foto : prosesi pengukuhan DPD Walantara Kab Karo oleh Ketua DPW Walantara Sumut di Pelangkah Gading Munte Kabupaten Karo, Jumat (24/01) 2020 (Ist)
Ket foto : prosesi pengukuhan DPD Walantara Kab Karo oleh Ketua DPW Walantara Sumut di Pelangkah Gading Munte Kabupaten Karo, Jumat (24/01) 2020 (Ist)

Sebelum di laksanakan acara penanaman 5000 bibit pohon di kawasan wisata puncak Pelangkah Gading , Dewan Pimpinan Wilayah Wahana Lingkungan Alam Nusantara (DPD Walantara) Sumut secara simbolis mengukuhkan struktur kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah Walantara Kab.Karo yang telah terbentuk dan memberikan mandat/jabatan kepada Daris Kaban sebagai  Ketua DPD Walantara Kab.Karo.

Ketua DPD Walantara Karo,yang baru dilantik Daris Kaban, berharap kedepannya dapat menjadi tempat pengaduan masyarakat jika adanya perusakan lingkungan dan hutan.”Kami sebagai pengurus yang baru berharap kedepannya, jika ada masyarakat yang melihat atau mendengar adanya pengerusakan lingkungan dan limbah, dapat melaporkannya kepada kami. Yang diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan dari masyarakat yang terzolimi oleh perusahaan perusahan yang tak mengantongi Amdal dan lain lain,” harapnya.

Ditempat yang sama, Benyamin Sembiring, selaku Kepala Desa Kuta Mbaru mengapresiasi upaya DPW Walantara Sumut beserta jajarannya yang telah peduli dan memberikan perhatian ke puncak Pelangkah Gading dan berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan di wilayahnya.

“Terima kasih yang sebesar besarnya kepada DPW Walantara Sumut beserta jajaran atas perhatian dan kepedulianya ke Desa kami khususnya ke lokasi wisata puncak Pelangkah Gading . Pemberian bantuan 5000 bibit pohon ini akan kami rawat se maksimal mungkin dan kita berharap agar nantinya dapat bermanfaat kepada masyarakat setempat dan objek wisata  puncak Pelangkah Gading dapat lebih dikenal masyarakat luas,” ujar Benyamin seraya memberikan cendramata Uis Beka Buluh (kain khas suku Karo ) kepada Ketua DPW Walantara Sumut.

Dalam kegiatan penanaman pohon tersebut tampak dihadiri oleh Abel Tarawai Tarigan Kadis PMD Kab.Karo, Radius Tarigan Kadis Lingkungan Hidup Kab.Karo, Sanusi Sembiring Camat Munte, Kapolsek Munte, Koramil 06/MT Ormas Kepemudaan DPC PMS Kec.Kabanjahe, Tokoh masyarakat dan ratusan pelajar dari mulai SD, SMP dan tingkat SMA.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.