Wacana Android Tahun 2023 Akan Menjadi 64 Bit

Berita Teknologi, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sementara iOS telah beralih ke bentuk 64-bit penuh sejak 2017, Android belum melakukan transisi penuh. Baru-baru ini, sesuai dengan ekspektasi awal, Android diperkirakan akan bertransisi menggunakan versi 64-bit sepenuhnya pada tahun 2023 .

Ini ditemukan melalui kode pengembangan yang ditemukan melalui kode Android 13 yang baru dirilis. Melalui kode, itu mengisyaratkan bahwa Tablet Pixel hanya akan menawarkan dukungan 64-bit.

Tablet Pixel diharapkan akan diperkenalkan pada tahun 2023 , dan ini mungkin juga menjadi titik awal untuk Android 14 . Jika berjalan dengan baik, maka kita akan melihat fokus pada versi 64-bit hanya setelah ini.

Google telah memastikan bahwa aplikasi yang diterbitkan di Google Play mendukung versi 64-bit sejak beberapa tahun terakhir . Bahkan, sejak Android 12, transisi ini juga sudah selangkah lebih maju.

Juga pada tahun 2023 , ARM ingin mengakhiri dukungan 32-bit pada desain chip mereka, yang selanjutnya akan mempercepat transisi ini.

Selain pasar global, di China, beberapa perusahaan terkemuka seperti Alibaba, Xiaomi, OPPO, Tencent dan Baidu juga telah bergabung dan mengatakan mereka akan mengakhiri dukungan untuk aplikasi 32-bit bulan ini.

Dengan beralih ke versi 64-bit saja, diharapkan dapat menawarkan beberapa keunggulan, antara lain dari segi performa dan keamanan.

Sumber : ArsTechnica

210