by

SKKL Di Bendungan Hilir Bentukan Sudin Gulkarmat Jakpus

Berita Jakarta Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat membentuk Sistem Keselamatan Kebakaran Lingkungan (SKKL) di Kelurahan Bendungan Hilir.

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Asril Rizal mengatakan, SKKL dibentuk untuk menciptakan sistem ketahanan warga dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Sehingga saat ada kejadian kebakaran, tim yang tergabung dalam SKKL ini bergerak cepat melakukan penanganan awal agar kebakaran tidak membesar.

“Total ada 30 warga yang dilibatkan dalam tim SKKL ini. Mereka dari unsur pengurus RT,RW, Dasawisma dan Karang Taruna,” kata Asril, Sabtu (23/7).

Pada pembentukan SKKL ini, warga dilatih cara mengatasi kebocoran pada tabung gas, memadamkan kebakaran menggunakan alat pemadam api ringan (Apar), handuk dan hidran apabila terjadi kebakaran.

Selain itu, warga juga dilatih cara mengevakuasi serta pengetahuan tentang tata cara berkoordinasi dengan Gulkarmat Jakarta Pusat jika terjadi kebakaran.

“Semoga ini bermanfaat bagi warga dan kami berharap keberadaan struktur SKKL bisa menguatkan sinergitas petugas dan masyarakat dalam mengatasi bencana kebakaran,” tuturnya.

Lurah Bendungan Hilir, Rida Mufrida, mengapresiasi Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat yang telah melatih warganya dan membentuk tim SKKL. Dia berharap, warga yang tergabung dalam SKKL ini bisa menerapkan pengetahuan yang didapat dan menularkannya kepada warga yang lain.

“Kalau setiap RW ada tim penanggulangan kebakaran, minimal bisa mencegah kebakaran yang besar,” tandasnya.

Jmy