by

Hebat ! Kecamatan Jonggol Masuk 5 Besar Dari 539 Kecamatan Di 18 Kabupaten, Lomba Sinergitas Kinerja Provinsi Jabar

Berita Jonggol, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Prestasi hebat kembali ditunjukan oleh Kecamatan Jonggol dibawah pimpinan Camat Jonggol, Andri Rahman, S.STP, M.Si masuk babak lima besar Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan yang diikuti total 627 jumlah Kecamatan se-Jawa Barat, yang terdiri dari 88 Kecamatan di 9 Kota Jawa Barat maupun 539 Kecamatan di 18 Kabupaten di Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan barometer bagi setiap Kecamatan yang ada di wilayah Jawa Barat untuk dilihat kinerjanya dalam pelayanan publik. Serta akan terlihat kapasitas Camat dalam melakukan inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan layanan publik dan masyarakat dan menjalankan amanat serta pelaksanaan arahan strategi kebijakan dari Pemkab maupun Pemprov.

Menurut Camat Jonggol Andri Rahman, S.STP, M.Si menyatakan bahwa hasil pemenang 5 besar akan diumumkan 30 September 2022.

“Pengumuman juara untuk 5 besar Kecamatan tingkat Kabupaten, dan 3 besar Kecamatan untuk tingkat Kota diumumkan 30 September dan pesertanya 8 Camat ( 5 Camat Kabupaten dan 3 Camat Kota )” ujar Camat menjelaskan kepada Online News Indonesia (www.olnewsindonesia.com) melalui aplikasi perpesanan Whatsapp, Jumat, 23 September 2022.

Inisiasi dan kreativitas yang diciptakan oleh Kecamatan Jonggol diantaranya pengembangan aplikasi berbasis pengelolaan database online dengan nama Inovasi pelayanan Pusat Pelayanan Administrasi (PUSPA) dan Sistem Pelayanan Administrasi Di Desa Sehari (SIPAHADESI). Dari sini terlihat Kecamatan Jonggol sudah mudah melakukan transisi pengeloaan database dan pelayanan publik secara online.

Hal lain dilakukan dalam konteks inovasi yang sedang dalam finisihing and developing phase (fase penyelesaian dan pengembangan) diantaranya website Kecamatan jonggol yang dinamai www.jonggolberkah.com, halaman ini guna berkomunikasi dengan masyarakat, menyampaikan update perkembangan dan penyampaian sosialisasi ataupun penyajian data.

Camat Jonggol, Andri Rahman S.STP, M.Si dalam sesi presentasi capaian

Kemudian sub website / subdomain dari www.jonggolberkah.com dalam bentuk halaman administrasi, yang merupakan halaman digitalisasi data elektronik bagi pegawai kecamatan. Melalui halaman ini maka Pegawai Kecamatan akan memasukan data-data, sehingga terintegrasi dan bisa disajikan atau dinikmati dihalaman website Kecamatan Jonggol yaitu www.jonggolberkah.com.

Camat Jonggol Andri Rahman, S.STP, M.Si sembari menyaksikan Presentasi Video

Kemudian terdapat program saMbang PajajaRan (Desa Membangun Pariwisata Jeung Olah Raga Sarta Kaulinan) dimana dilakukan eksplorasi potensi parawisata Agrowisate, Wisata Alam, Wisata Olahraga, pengembangan hubungan dengan mitra seperti Kelompok Tani, Bumdes serta kelompok masyarakat. Serta pengembangan potensi olahraga dan pelestarian budaya asli .

Satu lagi sistem yang sedang dalam proses pengembangan yaitu SiPaOjol (Sistem Pelayanan Administrasi Online Kecamatan Jonggol), dimana melalui sistem ini masyarakat Jonggol akan dimudahkan dalam mengurus administrasi karena disediakan jalur online, sehingga menghemat waktu dan efektivitas tinggi terjadi.

Program yang juga dilakukan oleh Kecamatan Jonggol diantaranya Pengembangan usaha pertanian UMKM, Wisata Desa, Pencegahan dan penanggulangan Covid.

JONER