by

Pemkab Karo Mengoptimalkan Peranan Dan Fungsi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

Berita Karo.OLNewsindonesia,Rabu(23/10)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karo, Drs Tetap Ginting mengatakan kewaspadaan dini masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Karo.

Oleh karena itu, peran Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Karo menjadi sangat strategis dan penting dalam mengantisipasi ancaman keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat khususnya jelang Pilkada Karo 2020.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Karo, Drs Tetap Ginting saat berdiskusi dengan FKDM Kabupaten Karo, Selasa (22/10) 2019 di kantor Kesbangpol, Jalan Letjen Djamin Ginting, Kabanjahe.

“FKDM adalah ujung tombak pengumpulan informasi. Kerja FKDM akan sangat membantu pencegahan awal terkait berbagai ancaman dantantangan di daerah. FKDM juga harus mampu berperan sebagai jembatan antara masyarakat dengan Pemerintah. Pemkab Karo mengoptimalkan peranan dan fungsi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) untuk mencegah dan mengantisipasi ancaman konflik yang terjadi saat Pilkada serentak nanti,” tandasnya.

Ket Foto : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Karo saat diskusi jelang Pilkada Karo 2020 (Ist).
Ket Foto : Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Karo saat diskusi jelang Pilkada Karo 2020 (Ist).

Ketua FKDM Kabupaten Karo, Jernih Tarigan, SH mengaku bahwa FKDM memiliki tugas diantaranya, menjaring, menampung, mengoordinasikan, mengomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa dalam upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini, khususnya jelang Pilkada Karo tahun 2020.
Jernih Tarigan mengingatkan pentingnya kewaspadaan ini, terkait penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Karo. “Kami imbau agar secara pro aktif masyarakat dan elemen-elemen masyarakat lainnya juga ikut menjaga situasi politik dan menciptakan suasana politik yang aman, damai dan kondusif,” pesan Jernih Tarigan.

Saat ini, FKDM sudah terbentuk di tingkat Kabupaten hingga Kecamatan . Bahkan, beberapa Kecamatan dan Kelurahan atau Desa pun sudah membentuk FKDM. “Oleh karena itu, diharapkan berbagai permasalahan yang terjadi dapat diketahui dan segera diantisipasi dengan mencarikan solusi,” jelas Jernih Tarigan.

Prinsip temu cepat dan lapor cepat menjadi dasar dalam penyelengaraan tugas dan fungsi FKDM. “Sehingga peran FKDM menjadi sangat elementer dalam mengantisipasi datangnya ancaman dan tantangan. Harapannya dapat memberikan kontribusi bagi Pemkab Karo khususnya dalam pengelolaan terhadap potensi di daerahnya,” ujarnya.

Jelang Pilkada Karo, FKDM semakin ditingkatkan pertemuannya untuk diskusi, sharing dan berbagi informasi. Partisipasi masyarakat dalam FKDM ini penting, sebab gejala konflik yang muncul harus dideteksi sejak dini untuk menghindari konflik yang lebih besar. Meski tetap mengandalkan keamanan yakni Polisi dan TNI atau Sat Pol PP, tetap saja peranan masyarakat sebagai sumber informasi sangat penting. “Kombinasi ini yang akan memperkuat keamanan dan suasana kondusif baik sebelum, saat dan setelah Pilkada Karo,” tutupnya.

Turut hadir Ketua dan Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Karo, Jernih Tarigan, SH, Robert Tarigan, SH, Maradona Tarigan, SH, Pimpin Bangun, SH, dan Drs Sastra Purba serta Kabid Kesbang, Salomo Surbakti.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.