by

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Camat Jonggol Andri Rahman : “Mari Bangkit Bersama Menuju Indonesia Emas 2045”

Berita Jonggol, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kecamatan Jonggol pada Senin, 22 Mei 2023, menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115, dilangsungkan di halaman Kantor Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor. Upacara dipimpin langsung oleh Camat Jonggol Andri Rahman, S.STP, M.Si sebagai Inspektur Upacara.

Tata upacara Hari Kebangkitan Nasional dimulai dari persiapan Peserta Upacara, pengibaran bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mengheningkan cipta, membacakan UUD 1945 dan Pancasila. Selanjutnya Camat Jonggol membacakan naskah Pidato Plt Menkominfo Mahfud MD tentang Hari Kebangkitan Nasional.

Dalam pidato, Camat Jonggol menyatakan bahwa seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 oleh dr. Soetomo bersama para mahasiswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA).

Boedi Oetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni:

  1. Memerdekakan cita-cita kemanusiaan,
  2. Memajukan nusa dan bangsa, serta
  3. Mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di
    mata dunia.

Masih di Pidato yang dibacakan Camat Jonggol, bahwa di saat kemerdekaan telah diraih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak – mengobarkan api Semangat Untuk Bangkit! demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Hal lain yang disampaikan dalam pidato, bahwa pada 5 Mei 2023 yang lalu , Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut. Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pascapandemi.

Ditambahkan Camat Jonggol dalam pernyataan kepada media pada saat setelah selesai upacara, bahwasannya Kecamatan Jonggol merespon semangat Kebangkitan Nasional yang lahir 115 tahun lalu melalui perjuangan dr Soetomo dan kawan-kawan, dengan semakin terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Jonggol di semua sektor kehidupan masyarakat.

Termasuk akan kembali digelarnya Sub Pin Polio Tahap Ke-dua pada 22 Mei 2023 sampai 2 Juni 2023 yang menyasar 14.383 balita dari dua tahap yang dilakukan. Kemudian Isbat Nikah pada tanggal 26 Mei 2023 dan Persiapan Peringatan Hari Jadi Bogor ke-541.

“Mari Bangkit Bersama Menuju Indonesia Emas 2045” ujar Andri menutup wawancara.

Hadir dalam kegiatan ini Danramil 2107, Kapolsek Jonggol, Kepala UPT Dinas / Instansi Se-Kecamatan Jonggol, Kepala KUA Kecamatan Jonggol, Ketua PKK Kecamatan Jonggol, Kepala Desa Se-Kecamatan Jonggol, Ketua MUI Kecamatan Jonggol, Ketua Forum BPD Se-Kecamatan Jonggol, Ketua DMI Kecamatan Jonggol, Pengawas Pendidikan Kecamatan Jonggol, Penilik PAUD Kecamatan Jonggol, Ketua PGRI Kecamatan Jonggol, KKMI, KKKSD, KKKSMA, Komisariat SMP, Himpaudi, IGTK, KOK, Kormi, KNPI, Karang Taruna, TKSK, IPSM, Kwarran Pramuka, OKP Ormas Se-Kecamatan Jonggol.

Joner