by

SMPN 2 Harian Samosir, Gelar Pelepasan Atribut Siswa Kelas IX 2021 – 2022

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

SMPN 2 Harian Samosir, Gelar Pelepasan Atribut Siswa Kelas IX 2021 – 2022, Kamis, 19 Mei 2022 , bertempat di SMPN 2 Harian, Samosir Sumatera Utara.

Pelepasan atribut siswa/i merupakan sebuah kondisi yang biasanya meninggalkan sebuah kesan dan kenangan yang tidak terlupakan, dan sudah menjadi budaya positif di SMP Negeri 2 Harian.

Pada bagian awal acara pelepasan atribut siswa kelas IX , tampak keharu-biruan suasana isak-tangis siswa dan orang tua ketika sesi acara siswa kelas IX bersujud meminta maaf di hadapan orang tua siswa, diiringi lagu “Bunda” yang dinyanyikan oleh Fifiani Faustina Sihotang, siswa kelas VIII.

Sekaligus acara ini dirangkai dengan pentas seni sederhana berbagai acara hiburan yang disajikan oleh OSIS SMP Negeri 2 Harian, yang juga orang tua kelas IX hadir mendampingi putra-putrinya dengan penuh haru dan kegembiraan.

Dalam sambutannya, Ketua OSIS SMP Negeri 2 Harian, Eva Winata Sihotang (Siswa Kelas VIII-8) menyampaikan, bahwa pengurus OSIS siap memberikan yang terbaik dalam acara pelepasan kelas IX. “Selamat menempuh pendidikan di tingkat yang lebih tinggi, SMA/SMK kepada kakak-kakak kelas kami”, ucap Eva Winata.

Dan jika rangkaian acara masih kurang sempurna nantinya kata Eva, mohon maklum dan kami butuh bimbingan bapak/ibu guru khususnya Pembina OSIS, Lidwan Simbolon, S. Pd dan Ibu Leni Renita Sitanggang, S. Pd.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komite Sekolah, M.Sihotang menyampaikan terimakasih kepada guru SMPN 2 Harian.

“Terimakasih kepada seluruh Guru yang telah membimbing, mengajari anak anak kami, khusus nya kelas IX selama 3 tahun ini di SMPN 2 Harian. Dan kepada anak kami kelas kelas IX, semakin giatlah belajar untuk melanjutkan studymu nantinya di tingkat lanjutan”, ungkap Ketua Komite Sekolah, M Sihotang.

“Selama pembelajaran daring yang kurang aktif supaya lebih bergiatlah belajar di tingkat sekolah lebih tinggi nanti dimana pandemi Covid 19 sudah berakhir dan belajar tatap muka sudah kembali sehingga harus benar-benar tercapai tujuan belajarmu”, ungkap H. Sitanggang, S. Pd , mewakili wali kelas IX.

Mengutip Nats Alkitab I Petrus 3 ; 12, beliau berpesan tetap ingat akan Tuhan. “Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinganya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat”, pesan H Sitanggang.

Kepala SMP Negeri 2 Harian; Eybarda Simbolon, S.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Acara Pelepasan Atribut Kelas IX sudah menjadi budaya positif sebagai agenda tahunan yang dilaksanakan setelah Ujian Satuan Pendidikan (USP) berakhir.

“Acara ini dimaksudkan supaya setiap lulusan sekolah ini memiliki hubungan emosional yang kuat dengan almamaternya sehingga kolaborasi antara alumni dan pihak sekolah semakin kuat dalam rangka membangun sumber daya manusia khususnya di Kenegerian Sihotang”, ungkap Kepsek SMPN 2 Harian, Eybarda Simbolon S. Pd

Kepala sekolah juga menyampaikan permintaan maaf kepada anak didik kelas IX apabila selama 3 tahun mengikuti pembelajaran di SMP Negeri 2 Harian ada yang terluka hati dan perasaan anak akibat konsekuensi berupa punishment yang diberikan bapak ibu Guru.

“Tolong jangan dibawa dalam hati. Karena niat kami adalah untuk membina karakter kalian yang kurang baik pada saat itu bukan karena dendam pribadi”, pesan Eybarda Simbolon.

Masih kata Eybarda, bahwa selama 3 tahun ini dengan segala keterbatasan bapak/ibu guru barangkali belum bisa semua pesan/materi pembelajaran itu kami sampaikan kepada kalian apalagi masa pandemi Covid-19, kita banyak yang Lose Learning (Kehilangan pembelajaran Efektif). Maka carilah dan lebih giatlah belajar di tingkat SMA/SMK dan seterusnya. Supaya kamu memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan yang baik berbasis karakter yang baik pula tentunya sesuai Visi Sekolah kita.

Diakhir sembutannya, kepala sekolah tetap memohon gotong royong orang tua siswa kelas IX untuk berjalan bersama, bahu-membahu membangun pendidikan di SMP Negeri 2 Harian. Mari Budaya positif ini tetap kita jaga. ”Napuran Tano-Tano Rangging Marsiranggongan. Badan ta pe padao-dao alai Tondi ta ma marsingonggoman.”, tutup Eybarda Simbolon.

Rangkaian acara diakhiri dengan memberi “boras si pir ni tondi” oleh Ketua Komite sekolah sebagai perwakilan orangtua dan Kepala SMP Negeri 2 Harian mewakili seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan ke seluruh siswa kelas IX, dilanjutkan dengan kegiatan “Mamohol oleh semua Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) bersama para orangtua siswa kelas IX yang diiringi oleh gondang (Maminta gondang Tortor Somba) dengan alat musik tradisional Toba yang dimainkan oleh siswa-siswi dari Sanggar Seni Budaya SMP Negeri 2 Harian.

Menurut Ketua Panitia Acara Pelepasan Atribut Kelas IX, Bapak Kondar Simbolon, S. Pd bahwa acara pelepasan atribut kelas IX dilaksanakan dengan berbasis kearifan lokal yaitu dengan menerapkan Budaya Batak Toba. Kegiatan berlangsung dengan sukses karena semangat dan kolaborasi seluruh ekosistem sekolah dan praktik-praktik baik kependidikan yang sudah berlangsung selama ini di SMP Negeri 2 Harian.

Semoga anak-anak kita kelas IX ini bisa melanjutkan pendidikannya ke tingkat SMA/SMK atau sederajat.

(JuntakStar)