by

Peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Digelar Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di RPTRA Matahari, Jumat (21/10).

Kepala Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, Murni Luciana mengatakan, pihaknya telah menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia di antaranya penyuluhan oleh tiim puskesmas kelurahan dan kecamatan dan skrining kesehatan jiwa.

Sementara pada puncak peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang digelar hari ini, Puskesmas Cempaka Putih menggelar berbagai kegiatan di antaranya enam bersama, talkshow, dan skrining kesehatan jiwa.

“Kegiatan talkshow yang digelar mengambil tema lindungi kesehatan jiwa keluargamu dimulai dari kamu menuju generasi tangguh,” ujar Murni Luciana.

Ia mengungkapkan, penanganan kesehatan jiwa tidak sekadar tanggung jawab sektor kesehatan semata, tapi kerja sama semua pihak.

Untuk itu, lanjut Murni, seluruh stakeholder di Kecamatan Cempaka Putih telah sepakat berkomitmen pada program kesehatan jiwa.

“Kami juga sudah melakukan upaya promotif melalui media, preventif dengan melakukan skrining kesehatan jiwa, deteksi dini dan risiko masalah,” tuturnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini juga menjadi momentum edukasi warga untuk mewujudkan generasi sehat dan tangguh untuk menghadapi era globalisasi dengan tetap mengutamakan kesehatan baik fisik maupun jiwa.

“Selama pandemi COVID-19 terjadi peningkatan masalah kesehatan di antaranya psikologis sehingga perlu dilakukan peningkatan upaya melalui promosi dan pencegahan masalah kesehatan jiwa melalui deteksi dini,” tandasnya.

Jmy