by

Dinkes DKI Buka Layanan Kesehatan Dan Vaksinasi Gratis Di Gereja Hingga Terminal

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Selama libur Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta membuka layanan vakisnasi gratis bagi masyarakat, mulai 21 hingga 24 Desember di beberapa gereja di Jakarta.

“Untuk mendukung perayaan Natal, kami siapkan booth untuk vaksinasi di gereja-gereja besar di tiap kecamatan, sehingga masyarakat umum maupun jemaat yang sedang menyiapkan ibadah Natal dapat segera melengkapi vaksinasi Covid-19-nya, termasuk booster kedua untuk mereka yang sudah berusia 60 tahun ke atas,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, seperti dilansir dari Siaran Pers PPID DKI, Selasa (20/12).

Selain itu, layanan vaksinasi juga dibuka di 44 puskesmas kecamatan dan tempat-tempat umum seperti mal dan taman yang mudah diakses. Tidak hanya di pagi hari, sebagian di antaranya juga memberikan layanan vaksinasi pada sore dan malam hari, yaitu pukul 16.00-20.00 pada hari kerja maupun akhir pekan.

“Masyarakat yang belum lengkap vaksinnya kami imbau untuk segera melengkapi vaksinasinya. Bahkan untuk warga yang telah berusia 60 tahun ke atas saat ini telah dapat menerima vaksinasi COVID-19 dosis ke-empat atau booster kedua. Sesuai dengan Surat Edaran (SE) satgas terakhir, untuk perjalanan dalam negeri tidak perlu melakukan antigen dan PCR asalkan sudah melengkapi vaksinnya,” beber Widyastuti.

Sebagai langkah deteksi dini, ungkap Widyastuti, pihakya mengimbau bagi masyarakat jika bergejala batuk, pilek, demam, atau sakit tenggorokan, agar segera melakukan pemeriksaan antigen/PCR yang bisa dilakukan secara gratis di seluruh puskesmas kecamatan DKI Jakarta.

Menurutnya, kewaspadaan terhadap COVID-19 ini perlu terus dipertahankan apalagi pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas atau mereka yang memiliki penyakit komorbid, karena berisiko lebih besar untuk mengalami gejala berat jika tertular.

Untuk warga yang mudik saat libur Nataru, dia menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular dan vaksinasi COVID-19 secara gratis di terminal antarkota DKI Jakarta, yang dibuka mulai pukul 10.00 hingga 15.00, sejak 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Beberapa terminal yang dibuka tempat pemeriksaan dan vaksinasi di antaranya Terminal Pulogebang (Gedung C lantai 2, depan klinik), Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Tanjung Priok (Lantai 2).

“Pemeriksaan gratis untuk tekanan darah, gula darah, lingkar perut, Berat Badan (BB), Tinggi Badan (TB), dan faktor risiko penyakit tidak menular lainnya. Khusus pengemudi akan dilakukan tes keseimbangan dan tes urine,” pungkas Widyastuti.

210