by

Pemprov DKI, Polri Dan TNI Tingkatkan Koordinasi Kelancaran Nataru

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat “Lilin Jaya-2022” di Gedung Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (19/12).

Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Kapolda Metro Jaya), Irjen Pol Fadil Imran; Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjend Untung Budiharto; berserta Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya turut menghadiri Rakor ini.

Pada kesempatan ini, Pj Gubernur Heru menegaskan, Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk menghadirkan suasana kondusif yang aman, tertib, dan nyaman di Kota Jakarta pada momentum perayaan Natal dan Tahun Baru.

Ia juga mengatakan akan meningkatkan koordinasi jajaran Pemprov DKI Jakarta untuk bersinergi dengan TNI-Polri dan pihak terkait lainnya, guna memastikan kegiatan ibadah dan perayaan Natal tahun ini berjalan aman, baik dan lancar melalui rangkaian kegiatan Operasi Lilin Jaya 2022.

“Tadi kami bersama jajaran Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya melakukan rapat koordinasi tingkat pimpinan terkait dengan kegiatan Natal dan Tahun Baru. Jadi dibagi kami konsentrasi hari ini untuk kegiatan Natal dan nanti berikutnya untuk kegiatan Tahun Baru. Semua jajaran nanti akan turun untuk membantu menyukseskan dan melancarkan kegiatan ibadah dan perayaan, baik itu 24 dan 25 Desember 2022. Tadi sudah bersepakat, nanti kita masing-masing jajaran internal Pemprov DKI, Polda Metro Jaya, Kodam Jaya di satu titik akan rapat teknis di level manajerial,” jelasnya.

Heru juga mengimbau seluruh elemen masyarakat, untuk bersama-sama menjaga keamanan serta ketertiban Jakarta dalam setiap kegiatan ibadah dan perayaan hari besar keagamaan.

“Saya perintahkan kepada jajaran untuk lurah, camat, wali kota agar bisa membantu kelancaran, termasuk keamanan. Terima kasih kasih Pak Kapolda, Pak Pangdam semoga sinergi kita bisa berjalan dengan baik, lancar, dan aman di Kota Jakarta ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Kapolda Metro Jaya), Irjen Pol Fadil Imran dalam sambutannya memaparkan bahwa Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Jaya 2022 ini akan dilaksanakan oleh Polda Metro Jaya selama 11 hari, terhitung mulai tanggal 23 Desember 2022 – 2 Januari 2023.

Serangkaian pelaksanaan kegiatan Operasi Lilin ini tentunya dengan melaksanakan pengetatan dan pengawasan di tempat-tempat yang berpotensi terjadinya kerumunan seperti gereja atau tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah; pusat perbelanjaan; dan lokasi wisata.

“Semoga rapat koordinasi lintas sektoral ini bisa menyatukan arah dan langkah dalam penyelenggaraan Operasi Lilin Jaya 2022. Sehingga kegiatan masyarakat dapat terlaksana dengan lancar, tertib dan kondusif. Apresiasi dan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta, Kodam Jaya dan seluruh pemangku kepentingan yang selama ini saling bahu-membahu bekerja sama mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif. Dengan strategi kolaborasi antarinstansi, kesiapan menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru ini akan lebih matang bila kita pecahkan secara bersama-sama,” tuturnya.

Lebih lanjut, Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjend Untung Budiharto menegaskan bahwa perlunya meningkatkan sistem keamanan secara kolaboratif dan koordinasi lintas sektoral yang baik. Para pejabat pemerintah untuk masing-masing institusi pun harus selalu berkomitmen untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

Ia juga meminta agar dapat diantisipasi beberapa potensi kerawanan atau gangguan kamtibmas yang dapat terjadi dalam perayaan Natal dan Tahun baru kali ini.

210