by

Kelurahan Kartini Tata Gang Sempit Jadi Kawasan Hijau

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kelurahan Kartini, Sawah Besar, Jakarta Pusat, menata gang sempit di Jalan Gotong Royong Gang F1 RT 08/ RW 02, menjadi kawasan yang hijau dan indah.

Lurah Kartini, Ati Mediana mengatakan, penataan lokasi itu sudah dilakukan sejak pekan ketiga Januari lalu oleh enam personel PPSU dibantu warga. Mereka mempercantik ganga sempit sempit sepanjang 50 meter tersebut dengan aneka lukisan mural dan vertical garden serta kolam gizi.

“Saat ini progres penataan sudah 50 persen. Kami targetkan selesai awal Maret nanti,” kata Ati, Sabtu (18/2).

Dijelaskan Ati, mural tiga dimensi yang dibuat berisi pesan dan ajakan kepada warga untuk gemar membaca, menjaga lingkungan dengan tidak buang sampah sembarangan.

Sedangkan untuk pembuatan vertical garden, jelas Ati, pihaknya mendapat bantuan tanaman dari Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, serta kolam gizi dan tanaman produktif bantuan dari Sudin KPKP Jakarta Pusat.

“Lokasi ini akan jadi kawasan penataan unggulan di wilayah kami,” tuturnya.

Puspita, Ketua RT 08, mengaku senang dengan adanya penataan kawasan di lingkungannya. Dia mengatakan, gang pemukiman warga yang awalnya kumuh kini mulai terlihat semakin berwarna dan bersihp.

“Sekarang gang ini jadi indah dan rindang. Apalagi, bakal ada juga kolam gizi, kebun hidroponik serta tanaman toga. Semua sangat bermanfaat untuk warga,” imbuhnya.

Dikatakan Puspita, sebagai bentuk dukungan penataan wilayah warganya telah berkomitmen untuk bersama-sama menjaga kebersihan serta mengawasi supaya tidak ada vandalisme.

“Warga terus dukung program penataan kawasan ini,” pungkasnya.

210