by

Kerajaan Inggris Tertarik Biayai Pengembangan Jaringan MRT Jakarta

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kerajaan Inggris menyatakan dukungan dan komitmen mendukung pengembangan jaringan MRT Jakarta.

Dukungan tersebut ditegaskan oleh UK Prime Minister’s Trade Envoy to the Asean EC, Indonesia, Malaysia, dan the Philippines Richard Graham MP saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Pusat PT MRT Jakarta (Perseroda) di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat.

Dalam kunjungan tersebut, ia didampingi Country Director Department for International Trade, Oliver Richards; Country Manager Indonesia UK Export Finance, Richard Michael, dan Senior Trade Advisor for Infrastructure Sector, Efrizal Saputra.

Rombongan diterima langsung oleh Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta (Perseroda), Silvia Halim dan Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta (Perseroda), Farchad Mahfud.

“Dengan senang hati saya mengonfirmasikan Expression of Interest atau penyampaian minat dari UK Export Finance terkait pemberian pinjaman ekspor senilai 1,25 miliar poundsterling untuk pengembangan koridor MRT Jakarta serta pengembangan proyek urban regeneration di Jakarta. Proyek ini akan membantu mengubah gaya masyarakat kota Jakarta,” ujar Richard Graham, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (16/6).

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar mengapresiasi kunjungan dari Richard bersama jajaran. Kedatangan Richard merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya di London, Inggris, Mei 2022 lalu yang membicarakan tentang dukungan Kerajaan Inggris terhadap pengembangan koridor MRT Jakarta.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan dari UK Prime Minister’s Trade Envoy pada siang hari ini,” katanya.

Saat kunjungan pihaknya ke London, William menjelaskan terjadi penandatanganan nota kesepahaman antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan Crossrail International terkait peningkatan kapasitas, termasuk struktur organisasi dan alternatif skema pendanaan untuk pengembangan jalur MRT Jakarta, strategi perencanaan dan penyampaian untuk fase lanjutan, strategi pembangunan koridor ekonomi, sosial, hijau berkelanjutan sepanjang jalur MRT Jakarta.

Selain itu dalam kunjungan juga dibahas potensi kemitraan yang terbaik sebelum pertemuan puncak G20 mendatang.

“PT MRT Jakarta segera mengoordinasikan surat penyampaian minat dari Kerajaan Inggris ini kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi DKI Jakarta sebagai pengampu kebijakan proyek pengembangan MRT Jakarta,” tandasnya.

Relhupeprodki