by

5.000 Bibit Alupkat Cipedak Disiapkan Agro Eduwisata Cibubur

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Untuk mendukung program Kampung Holtikultura, Agro Eduwisata Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, saat ini tengah menyiapkan 5.000 bibit tanaman Alpukat Cipedak.

Kepala UPT Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Iwan Indrianto mengatakan, penyediaan bibit tanaman Alpukat Cipedak ini sebenarnya sudah dilakukan sejak 2021 lalu. Jika tahun lalu pihaknya menyiapkan 10.000 bibit Alpukat Cipedak maka tahun ini menyiapkan 5.000 bibit.

“Pada 2021 kita siapkan 10.000 bibit Alpukat Cipedak yang merupakan tanaman khas Jakarta. Dari jumlah itu 7.000 bibit di antaranya sudah dikirim ke luar daerah. Seperti Banten, Sumatera dan daerah lainnya. Sisanya disebar di Jakarta,” kata Iwan, Selasa (19/7).

Menurutnya, penyediaan 5.000 batang Alpukat Cipedak ini hasil dukungan dari Kementerian Pertanian RI. Sehingga, produksi bibit tanaman ini nantinya dibagikan ke warga secara gratis pada 2023 mendatang.

Iwan mengungkapkan, pihaknya sejak awal diminta untuk memperbanyak benih dan hasilnya yang sudah disertifikasi dikirim ke daerah secara gratis, dalam rangka mendukung program Kampung Holtikultura.

“Karena dari proses perbanyakan atau pembibitan melalui okulasi itu baru bisa disertifikasi setelah 3-4 bulan kemudian. Sehingga tahun 2022 ini produknya baru bisa diberikan pada akhir tahun atau awal tahun 2023,” lanjut Iwan.

Disebutkan, pihaknya merasa bangga karena bibit Alpukat Cipedak yang merupakan produk khas Jakarta ini bisa ditanam di luar DKI Jakarta.

“Seluruh pembibitan dilakukan dari hasil okulasi. Sehingga diharapkan nantinya pertumbuhannya sesuai dengan pohon induk yang disambung pucuk tersebut,” pungkasnya

210