by

Kominfo Gelar Desk Indikator Kinerja Daerah RPJMD Kabupaten Karo Tahun 2021 – 2026

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Karo melalui bidang Stastik, Persandian dan Sumber Daya Komunikasi menyelenggarakan Desk Validasi dan Verifikasi Indikator Kinerja Daerah RPJMD Kabupaten Karo Tahun 2021-2026. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 10 April s/d 14 April 2023 bertempat di ruang Rapat Asisten Sekretariat Daerah Kabupaten Karo. Para peserta merupakan Walidata Pendukung atau Kasubbag Perencanaan pada masing-masing Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo.

Tim Desk terdiri dari unsur Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karo selaku pembina data, unsur Bappedalitbang Kabupaten Karo selaku koordinator Forum Satu Data Indonesia Tingkat Kabupaten karo, dan Dinas Komunikasi dan Informatika selaku walidata daerah. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi amanat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia untuk menyeragamkan standar data yang meliputi konsep, defenisi, klasifikasi, ukuran, satuan dari Indikator Kinerja Daerah RPJMD Kabupaten Karo Tahun 2021-2026.

Selanjutnya data ini kemudian akan ditetapkan menjadi Peraturan Bupati sebagai salah satu pendukung untuk meningkatkan kualitas SAKIP Kabupaten Karo. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat menghasilkan standar data, metadata dari kegiatan kompilasi produk administrasi yang akan dipublish untuk mewujudkan Satu Data Indonesia Kabupaten Karo.

Saat di konfirmasi Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, kemarin membenarkan perihal kegiatan yang dilakukan oleh Jajaran nya dalam hal ini Kominfo Kabupaten Karo, “ia pelaksanaan kegiatan ini benar adanya, jadi semua itu untuk mengetahui dan sebagai Indikator Kinerja Daerah RPJMD Kabupaten Karo Tahun 2021-2026 kedepannya,” kata Bupati singkat.

(David)