by

Pemuda Desa Gunung Putri Masuk Dalam Kategori Kompetesi Pemuda Pelopor Tingkat Kab Bogor

Berita Gunung Putri, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Muhammad Luthfi Pemuda Pelopor asal Desa Gunung Putri, Kecamatan Gunung Putri yang mengembangkan produk dari buah-buahan menjadi produk makanan yang berinovasi, dan mendapatkan Penilaian Verifikasi dalam Kategori Kompetisi Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Bogor.

Dalam Verifikasi penilaian pemuda yang masuk dalam Kategori Kompetisi Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Bogor tersebut turut dihadiri Dispora kabupaten bogor, Camat Gunung Putri, dan jajaran stakeholder se Kecamatan Gunung Putri.

Menurut keterangan Kepala Desa Gunung Putri Damanhuri yang turut ikut serta mendampingi Pemudanya yang masuk dalam Kategori Kompetisi Pemuda Pelopor Tingkat Kabupaten Bogor tersebut menyampaikan.

“Tadi ada penilaian pemuda pelopor tingkat kabupaten bogor, dalam penilaian tadi dilakukan penilaian verifikasi dilapangan dirumah pemuda pelopor tersebut dan Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sukses,” ucap Damanhuri Kepala Desa Gunung Putri, Senin (18/10/2022).

Pemuda Desa Gunung Putri tersebut berhasil menciptakan beberapa inovasi Produk makanan ringan, minuman Herbal, dan Permainan motorik untuk siswa-siswi Sekolah Dasar (SD).

“Sebetulnya ini produk agak unik iya, seperti model yang buah pisang, strawberry, dan nangka, ini bisa dikeringkan seperti keripik, sebenarnya ini agak langka makanya saya tertarik dan nantinya akan saya buat di cluster-cluster disetiap RW,” Kades menjelaskan.

Lalu Damanhuri berencana disetiap Rukun Warga (RW) akan merencanakan untuk menanam sendiri buah-buahan tersebut dan para pemuda-pemuda yang berinovasi yang akan memproduksi produk langsung. Sehingga produk tersebut menjadi produk turunan dan akan mempunyai nilai jual tambah yang lebih tinggi dan unik di banding ke menjual buah-buahan tersebut secara mentah.

“Tadi juga Saya berikan motivasi pada pemuda ini agar bisa berlanjut kedepannya sehingga inovasi-inovasi yang diciptakan tadi bisa berkembang di Desa dan dijadikan usaha baru didalam membangun Desa Gunung Putri,” terang Damanhuri.

Lanjut Damanhuri menjelaskan bahwa Pemerintah Desa Gunung Putri akan mengembangkan, bekerjasama, dan mensupport Pemuda tersebut agar Produk tersebut menjadi Unggulan Desa sehingga produk tersebut akan diproduksi didesa melalui PKK dan BUMDes Desa.

“Penilaian tersebut yang diusungkan adalah produk yang akan dikembangkan untuk meningkatkan UMKM di Desa Gunung Putri,” tutur Damanhuri.

Lalu Kades Gunung Putri mengharapkan kepada Pemuda Pelopor di Desanya tersebut, agar bisa mengembangkan Produknya menjadi unggulan Desa, mempunyai nilai ekonomi, dan nilai tambah untuk masyarakat yang lain didalam Pengembangan usaha di lingkungan Desa Gunung Putri.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh untuk pemuda-pemuda yang lain agar membuat inovasi-inovasi Desa berkembang sehingga nanti banyak pemuda-pemudi berfikir positif, mandiri, dan membuat inovasi yang berlian hingga hasil inovasi ini bisa bermanfaat untuk orang lain,” pungkas Damanhuri mengakhiri.

Riyan