by

Pemkab-Dishub Gelar Pertemuan Monev E-Ticketing Kapal

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu bersama Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengadakan pertemuan terkait monitoring dan evaluasi (monev) penerapan tiket secara digital (e-ticketing) kapal dan retribusi daerah di Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

Sekretaris Dishub DKI Jakarta, Ismanto mengatakan, sistem pengelolaan e-ticketing pada moda transportasi kapal ke Kepulauan Seribu sesuai dengan ditetapkannya sebagai Digital Nomad Island, di mana sistem ini mempunyai peluang yang besar.

Pada 2022 kemarin, revitalisasi Pelabuhan Kali Adem Muara Angke telah diresmikan dengan menyediakan pelayanan transaksi non tunai dalam sistem e-ticketing pada aplikasi Jaket Boat. Hingga kini, program ini berjalan dengan baik, meskipun masih perlu ada beberapa pengembangan.

“Rencananya sistem e-ticketing ini akan diterapkan pada dermaga-dermaga yang ada di Kepulauan Seribu. Tentunya, ini akan memberi kemudahan bagi warga,” katanya, Kamis (16/3).

Kepala Bidang Pelayaran dan Penerbangan Dishub DKI Jakarta, Leo Amstrong Manalu menjelaskan, dermaga pertama yang akan diterapkan sistem e-ticketing ditetapkan di Pulau Pramuka.

“Kami akan lakukan uji coba di Dermaga Pulau Pramuka mulai 27 Maret mendatang. Semoga seluruh pihak bisa membantu mensosialisasikan sistem ini,” ucapnya.

Wakil Camat Kepulauan Seribu Utara, Yulihardi mengucapkan terima kasih atas revitalisasi pelabuhan di beberapa pulau seperti di Pulau Pramuka.

“Semoga pembangunan ini terus dilanjutkan hingga selesai. Karena wajah kabupaten dilihat dari sebuah dermaga. Semakin bagus, maka pulau itu semakin menarik dikunjungi,” terangnya.

Ia berharap, melalui sistem ini, tidak ada lagi warga yang merasa kesulitan. Apabila ada gangguan, pihaknya memastikan segera menginformasikan kepada warga agar tidak ada yang dirugikan.

“Kami juga minta jadwal kapal Dishub karena banyak warga yang mengeluhkan jadwal keberangkatan kapal sering berubah-ubah,” tandasnya.

210