by

JKN Mitra BPJS Kesehatan Kabanjahe Mendapat Penghargaan Tahun 2022

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebagai upaya menjaga kesinambungan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), berbagai hal telah dilakukan oleh BPJS Kesehatan, salah satunya melalui perekrutan Kader JKN yang memiliki serangkaian fungsi. Mulai dari untuk memudahkan pembayaran iuran bagi peserta JKN, fasilitator penyampaian informasi dan edukasi, membantu proses pendaftaran, hingga sebagai sarana menampung pengaduan masyarakat terkait Program JKN.

Guna memastikan pelaksanaan fungsi Kader JKN telah berjalan optimal, BPJS Kesehatan, selalu mengevaluasi kinerja Kader JKN secara rutin. Langkah ini termasuk untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi para Kader. Seperti halnya yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe pada kegiatan Evaluasi Kinerja Tahun 2022 dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kader JKN Tahun 2023, Selasa kemarin (11/01.2023).

“Kami ucapkan apresiasi kepada seluruh Kader JKN mitra BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kabanjahe atas kinerjanya dalam hal mengumpulkan iuran JKN selama tahun 2022 yang hasilnya mencapai 131 persen dari target. Capaian tersebut juga tercatat sebagai capaian tahunan tertinggi sejak penerapan program Kader JKN,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Rita Masyita Ridwan.

Rita berharap agar prestasi tersebut dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan pada tahun 2023, termasuk juga pelaksanaan fungsi lain berupa edukasi dan kunjungan penagihan, aktivitas sosialisasi kelompok binaan maupun adanya inovasi terkait pelaksanaan fungsi dan tugas Kader JKN.

Adapun Kader JKN mitra BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe yang mendapatkan penghargaan tahun 2022 yaitu Tumbur Poltak Parulian Sibuea sebagai kader terbaik pertama dan Fransiskus Simanjuntak sebagai kader terbaik kedua. Menurut Tumbur, dirinya mendapat dukungan penuh dari BPJS Kesehatan sehingga upaya penagihan iuran yang dilakukannya sukses menembus 147 persen dari target yang ditentukan.

“Kerja keras bersama kita membuahkan hasil yang baik, walau dalam prosesnya ditemui berbagai tantangan, termasuk saat digigit binatang dan harus mencari obat rabies. Berkat dukungan dan dorongan berbagai pihak, semangat untuk memberikan layanan yang terbaik untuk masyarakat tidak pernah pudar,” ungkap Tumbur.

Hal senada juga disampaikan Jansen Situmeang yang tercatat sebagai kader dengan capaian pengumpulan iuran terbanyak. Dirinya berkomitmen untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas edukasi kepada masyarakat mengenai Program JKN ini,” sebutnya.

(David)