by

Delegasi Ambassador Goes To Kampung KB, Harap Promosikan Pariwisata Samosir

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Bupati Samosir diwakili Asisten II Hotraja Sitanggang, ST, MM, didampingi Kadis P3AKB dr. Friska Situmorang, Camat Simanindo Hans R. Sidabutar menyambut hangat kunjungan para delegasi Ambassador Goes To Kampung KB di Pelabuhan Wisata Huta Siallagan Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat (17/3).

Kehadiran rombongan Duta Besar dan para konsulat, yang dikomandoi oleh Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang) BKKBN RI, Prof. M. Rizal Martua Damanik, M.Rep, PhD, Kepala Pusat Pelatihan, Kerjasama Internasional Kependudukan dan KB Dr. Ukik Kusuma Kurniawan, SKM, MPS, MA dan Kepala BKKBN Sumut, M. Irzal, SE, ME, diantaranya Duta Besar Mozambique Belmiro Jose Malate, Duta Besar Polandia Beata Stoczynska, Diplomat Polandia Slawomir Stoczynski, Duta Besar Rumania Dan Adrian Belenescu.

Turut hadir Sekretaris Urusan Politik Kedutaan Belanda Sophie Van Huut, Utusan Khusus Presiden Sycehless Nico Barito, Konsul Kehormatan Kedutaan Jerman Daniel Adhiyaksa Darmadi, Konsul Jendral Singapura Edmund Chia dan Hueiying Chia, Perwakilan WHO Arturo Pasigan, UNFPA Representative Anjali Sen, Organisasi Internasional USAID Enilda Martin, UN World Food Programme Dr. Ing Rein Suadamara.

Para delegasi, kemudian menuju objek wisata Huta Siallagan dan mendapat penjelasan tentang sejarah Huta Siallagan yang dipandu oleh Gading Jansen Siallagan.

Bupati Samosir melalui Asisten II Hotraja Sitanggang, ST, MM menyampaikan selamat datang di Kabupaten Samosir, Titik Nol Perasaban Batak. Hotraja mengatakan Pemkab Samosir menyambut baik kunjungan ini dan berharap bisa menguatkan kerjasama dibidang ekonomi, ilmu pengetahuan, budaya, pariwisata dan teknologi demi peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan sekaligus memperkenalkan potensi pariwisata Samosir di dunia.

“Suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami, bisa bertemu dengan para delegasi, duta besar dan ketua organisasi internasional di Samosir ini”, ungkap Hotraja.

Deputi Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang) BKKBN RI, Prof. M. Rizal Martua Damanik, M.Rep, PhD menyampaikan kunjungan ini dilakukan untuk berbagi mengenai implementasi dan praktik terbaik berbagai program pembangunan masyarakat melalui Kampung KB, keluarga berkualitas di Sumut, khususnya di kawasan Danau Toba.

“Para delegasi juga kita ajak untuk mendalami potensi ekonomi dan kekayaan budaya. Saya telah berbicara kepada mereka, dan semua merasa terkesan dan tertarik atas penyambutan dan keramah-tamahan masyarakat yang mereka temui”, kata Martua Damanik.

(Polhut)