by

Upgrading Modul Pelatihan Sektor Hotel Dan Restoran Disosialisasikan Disparekraf DKI

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta menggelar sosialisasi upgrading modul pelatihan sektor hotel dan restoran di Kantor Disparekraf DKI Jakarta.

Kegiatan tersebut diikuti 75 peserta dari unsur Lembaga Kepelatihan Kepariwisataan, Asosiasi Sistem Pembayaran, Lembaga Sertifikasi Profesi, pengelola tempat wisata dan Suku Dinas (Sudin) Parekraf se-DKI Jakarta.

Plt Kepala Pusat Pelatihan Profesi Kepariwisataan, Disparekraf DKI Jakarta, Puji Hastuti menjelaskan, kegiatan bertujuan menyosialisasikan upgrading kepada stakeholders kepariwisataan, khususnya sektor terkait hotel dan restoran.

Upgrading modul merupakan peningkatan standarisasi materi dari awalnya berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) menjadi ASEAN Toolboxes.

“Hal ini dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk pelatihan sektor hotel dan restoran. Upgrading dilakukan agar dunia usaha kita bisa semakin bersaing,” ujarnya, Jumat (16/12).

Ditambahkan Puji, modul yang dikembangkan oleh SKKNI terdiri dari asosiasi, akademi, dan profesional di bidang hotel dan restoran. Modul tersebut dalam rangka mendukung dan menyiapkan sumber daya manusia pariwisata agar dapat bersaing dengan Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Modul Diklat Profesi Bidang Perhotelan dan Restoran ini nantinya akan akan menjadi dasar bagi Pusat Pelatihan Profesi Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta untuk menciptakan tenaga kerja pariwisata yang kompeten serta bersertifikat menuju sumber daya manusia pariwisata yang produktif berdaya saing global.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada tim penerbit yang telah berkontribusi dalam pembuatan modul,” tandasnya.

210