by

Proses Refund Double Deduct Tap In-Tap Out Dipastikan JakLingko

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemberlakuan tarif integrasi pada kartu uang elektronik perbankan, aturan one man one card serta kewajiban tap in dan tap out bagi seluruh pelanggan Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta sudah berlangsung selama satu bulan lebih.

PT JakLingko Indonesia melaporkan, kendala-kendala yang terjadi pada awal implementasi sudah dapat semakin teratasi.

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia, Muhamad Kamaluddin mengatakan, kendala yang dialami pengguna layanan Transjakarta perihal kejadian double deduct pada tap in dan tap out semakin berkurang.

“Hal ini sejalan dengan perbaikan teknis dan sistem yang dilakukan JakLingko di lapangan,” ujarnya, Rabu (16/11).

Kamal menyampaikan, pihaknya mencatat 1.338 keluhan pengguna layanan Transjakarta yang dilaporkan pada JakLingko Customer Care dan teridentifikasi pada database transaksi di JakLingko Indonesia periode 4 Oktober 2022 (awal implementasi) sampai dengan hari ini.

Dari total keluhan tersebut, refund yang berhasil dikembalikan sejumlah 3.464 transaksi atau senilai total Rp 11.640.000 untuk para pengguna tersebut.

“Jumlah refund lebih besar dari keluhan dikarenakan ada beberapa pengguna yang mengalami lebih dari satu kali kejadian double deduct di Transjakarta,” ucap Kamal.

Ia menjelaskan, laporan terkait double deduct di Transjakarta yang tercatat di JakLingko Customer Care semakin sedikit setiap harinya atau kurang dari 20 laporan per hari. Mayoritas pelanggan mem-follow-up proses refund atas laporan mereka sebelumnya.

“Oleh karenanya, kami mohon agar pelanggan bersabar. Karena seluruh permohonan refund yang berhasil terverifikasi akan diproses pengembalian sesuai antrean,” tegasnya.

Menurut Kamal, PT JakLingko Indonesia akan terus melakukan penyempurnaan integrasi sistem yang beragam dan terus berkoordinasi dengan Transjakarta.

Saat ini, sistem integrasi JakLingko melakukan pemprosesan rata-rata 362.551 dari tiga operator (Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta) setiap harinya.

“Terkait kejadian double deduct ini tidak pernah terjadi di operator MRT Jakarta dan LRT Jakarta,” tandas Kamal.

Sekadar informasi, jika masih ada pelanggan yang mengalami kejadian double deduct, mohon dapat segera melaporkannya ke JakLingko Customer Care pada nomor 0812-6000-1440.

Apabila kejadian tersebut diverifikasi terjadi, maka pelanggan berhak mendapatkan refund atas transaksi tersebut melalui tiga pilihan cara pengembalian melalui aplikasi JakLingko, transfer bank atau transfer dompet elektronik.

210