by

Terkelin Brahamana, SH MH : BPBD Karo Segera Bagikan Sembako Dan APD

Berita Karo.OLNewsindonesia.Rabu(17/03/21)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH menegaskan terkait bantuan donasi Sembako dan APD (alat pelindung diri) dari Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tingkok (Konjen RRT) bagi masyarakat yang terdampak Pasca Erupsi gunung Sinabung sepekan lalu, segera akan dibagikan.

Penekanan ini disampaikan Terkelin Brahmana, SH MH dihadapan perwakilan Konjen RRT Wu Boliang dan kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Msi, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala dan Plt. BPBD Natanail Perangin Angin, Rabu (17/03) 2021 pukul 10.30 WIB di Ruang Lobi Kantor Bupati jalan jamin Ginting, Kabanjahe.

Menurut Terkelin, barang paket Sembako tersebut, segera lakukan pendataan ulang dan cek jumlah sesuai tanda terima nomenklatur. Hal ini untuk tertib administrasi sehingga tidak ada dugaan pihak pihak tertentu Pemkab Karo tidak transparan. Ini perlu diantisipasi,” ujarnya, sembari menyuruh dibuka kotak bantuan dan tampak Beras 10 Kg, minyak 2L,Gula 1 Kg dan Masker Maidi 3 ply.

Dikesempatan itu juga, Terkelin berharap apa yang telah diberikan oleh Konjen RRT ke Pemkab Karo dalam membantu kesulitan masyarakat Karo dalam situasi pandemi Covid-19 dan erupsi gunung Sinabung, kedepan dapat lebih lagi dalam hubungan bilateral baik sisi ekonomi, budaya dan perdagangan,”harapnya.

Untuk itu, OPD terkait segera lakukan normalisasi kegiatan dalam penyebaran paket bantuan tersebut dan perhatikan sasaran agar tepat guna, tepat manfaat dan tepat waktu,”imbuhnya.

Sementara, perwakilan Konjen RRT Wu Boliang mengatakan kehadirannya hari ini, ingin mempertegas bahwa bantuan paket Sembako yang telah diterima Pemda Karo, diperuntukkan bagi masyarakat korban terdampak Erupsi Gunung Sinabung yang beberapa pekan terakhir lalu, sempat meresahkan warga,”ujarnya.

Wu menitip pesan dari Konjen RRT perwakilan Medan Qiu Weiwei kedepan dalam melawan perang Covid-19 maka pihaknya bersedia bekerja sama dalam mitra strategis menuntaskan pemulihan ekonomi. Secara internasional semua negara mengalami pandemi Covid-19, namun jangan menyerah begitu saja, inilah butuh kerjasama, termasuk kami dari pemerintah distrik Jinning.

Pun begitu, Wu boliang berjanji dan membuka peluang pihaknya sangat Welcome ditingkatkan kerjasama bilateral antara pemerintah distrik Jinning dengan Kab. karo,”jelasnya.

Sedangkan, kepala pelaksana tugas BPBD Natanail Perangin Angin mengatakan akan segera melakukan pendataan wilayah yang terkena terdampak kuat saat terjadi Erupsi gunung Sinabung belum lama ini. Hal ini guna menyikapi sesuai Instruksi Bupati Karo bahwa penyaluran bantuan harus tepat sasaran dan tepat manfaat.

Natanail menyebutkan, sebelum penyebaran bantuan dilaksanakan, pihaknya akan berkordinasi terlebih dulu dengan Camat, agar mengatur jadwal bersama Kepala Desa didaerahnya untuk pelaksanaan penyaluran.

Untuk sementara, imbuh Natanail penyaluran bantuan yang diberikan Konjen RRT, pihaknya akan memfokuskan di wilayah Kecamatan Tiga nderket. Alasannya, daerah Tiga Nderket Pasca Erupsi gunung Sinabung merupakan daerah yang tercatat terparah. Sehingga rencana tersebut kita fokuskan,” ungkapnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.