by

Bupati Karo Terima Hasil IPM Kab. Karo Yang Memuaskan Dan Hasil BPS Terus Meningkat

Berita Karo.OLNewsindonesia,Kamis(17/10)

Pembangunan Manusia di Kabupaten Karo terus mengalaml kemajuan yang ditandai dengan meningkatnya lndeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2018, IPM Kabupaten Karo telah mencapai 73,91. Angka IPM tersebut meningkat sebesar 0,38 poin atau tumbuh sebesar 0,52 persen dibandingkan IPM tahun 2017 sebesar 73,53. Hal disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik kab. Karo Yustinus Sembiring saat menemui Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH sekaligus menyerahkan hasil indek pembangunan Manusia, Kamis (17/10) 2019 pukul 10.00 WIB .

Diterangkan Yustinus Bayi yang Iahir di Kabupaten Karo pada tahun 2018 memillki harapan untuk dapat hidup hingga mencapai umur 70,97 tahun, Iebih lama 0,20 tahun dibandingkan dengan mereka yang Iahir tahun sebelumnya. Begitu juga, Anak-anak yang pada tahun 2018 berusia 7 tahun memiliki harapan dapat menikmati pendidikan selama 12,73 tahun, (Diploma l), Iebih lama 0,02 tahun dibandingkan dengan yang berumur sama pada tahun 2017,”paparnya.

Sedangkan, penduduk usia 25 tahun ke atas secara rata-rata telah menempuh pendidikan selama 9,55 tahun (kelas IX), Iebih lama 0,01 tahun dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk itu hasil catatan BPS Kab. Karo Pada tahun 2018, masyarakat Kabupaten Karo dalam memenuhi kebutuhan hidup dengan rata-rata pengeluaran per kapita sebesar 12,367 juta rupiah per tahun, meningkat 308 ribu rupiah dibandingkan pengeluaran tahun sebelumnya,ini cukup secara signifikan peningkatan yang semakin baik, “sebut Yustinus sambil menunjukkan hasil kepada Bupati Karo.

Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana menerima penyerahan hasil Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kab . Karo dari BPS Kab. Karo Yustinus Sembiring yang hasilnya memuaskan,Kamis (17/10) 2019.
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana menerima penyerahan hasil Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kab . Karo dari BPS Kab. Karo Yustinus Sembiring
yang hasilnya memuaskan,Kamis (17/10) 2019.

Mendengar penuturan kepala BPS Yustinus Sembiring, Bupati karo Terkelin Brahmana berterima kasih, dimana BPS Selalu exsis dan berperan melakukan survei, survei yang dapat diandalkan menjadi pedoman untuk perbaikan dan berbenah bagi Kab . Karo dalam sisi IPM.

Sebab konsep IPM merupakan Indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk). IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan,kesehatan, pendudukan, dan sebagainya ,”terang Terkelin Brahmana.

Untuk itu, Bupati berharap kedepan agar BPS selalu memberikan informasi yang ter-update dalam segala lini menyangkut kemajuan perubahan demi Kab.Karo, semua ini berpulang kepada Standar hidup yang layak digambarkan oleh pengeluaran per Kapita disesuaikan yang ditentukan dan nilai pengeluaran per Kapita dan paritas daya beli (purchasing power parity),”ungkapnya.

Tren IPM Kab . Karo ini, jika kita amati sesuai hasil menunjukkan peningkatan setiap tahun menandakan terjadi peningkatan kualitas hidup manusia secara kontinyu,”pungkasnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.