by

Pj Gubernur DKI Apresiasi Polda Metro Jaya Atas Inisiasi Pembentukan Kampung Tangguh Jaya

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengapresiasi Polda Metro Jaya yang menginisiasi pembentukan Kampung Tangguh Jaya (KTJ) untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Apresiasi ini diutarakan Heru, saat menghadiri Puncak Acara Sayembara Kampung Tangguh Jaya 2022, Kamis, (15/12) di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan.Kegiatan ini merupakan upaya kerja sama antara TNI-Polri, Pemerintah Daerah serta dunia usaha (PT Astra Internasional) serta masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur berkesempatan menyerahkan Piala Kapolda Metro Jaya dan uang pembinaan sebesar Rp 35 juta kepada RW 01 Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan, yang berhasil menyabet juara pertama dan mengalahkan 11 nominasi lain yang mengikuti ajang ini.

“Tidak ada jalan lain. Kita harus bersinergi, termasuk masyarakat. Kami juga menunggu program-program Kampung Tangguh Jaya untuk menguatkan lingkungan bersama-sama,” kata Heru.

Heru berharap, kegiatan Kampung Tangguh Jaya ini dapat memicu semangat masyarakat untuk meningkatkan kemandirian dalam mengelola keamanan dan ketertiban, kemandirian pangan sekaligus siaga bencana.

“Kerja bersama dan sinergi antara pemerintah, dunia usaha, serta masyarakat adalah kunci menuju sebuah kota yang tangguh dan berkelanjutan,” tuturnya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran menjelaskan, Kampung Tangguh Jaya awalnya dibentuk pada 2021 untuk menekan angka penyebaran COVID -19, terutama di wilayah yang masuk zona merah. Kini, eksistensi Kampung Tangguh Jaya berkembang, membantu mengatasi persoalan di lingkungan perkotaan.

“Hingga saat ini terdapat 1.083 KTJ yang tersebar di wilayah hukum Polda Metro Jaya,” terangnya.

Menurut Fadil, KTJ memiliki pondasi kegotongroyongan, kemudian tiangnya adalah kebersamaan, atapnya adalah kerukunan. Asas guyub dan rukun inilah menjadi roh dan arwah KTJ.

“KTJ memiliki enam komponen yaitu tangguh kesehatan, tangguh ketahanan pangan atau tangguh ekonomi dan tangguh keamanan, serta komponen lainya menyesuaikan potensi dan kondisi lingkungan yang ada,” pungkasnya.

Untuk informasi, program dan kegiatan Kampung Tangguh Jaya Tahun 2022 ini dilaksanakan pada 12 titik, yakni:

  1. KTJ RW 05 Cibubur (Jakarta Timur);
  2. KTJ RW 12 Pengasinan (Depok);
  3. KTJ RW 20 Sukaragam (Kabupaten Bekasi);
  4. KTJ RW 01 Pulau Untung Jawa (Kepulauan Seribu Selatan)
  5. KTJ RW 04 Pakualam (Tangerang Selatan);
  6. KTJ RW 06 Kemayoran (Jakarta Pusat);
  7. KTJ RW 20 Muara Angke (Pelabuhan Tanjung Priok);
  8. KTJ RW 05 Petukangan Utara (Jakarta Selatan);
  9. KTJ RW 06 Gandasari (Tangerang Kota);
  10. KTJ RW 15 Penjaringan (Jakarta Utara);
  11. KTJ RW 026 Taman Harapan Baru (Bekasi Kota);
  12. KTJ RW 03 Roa Malaka (Jakarta Barat).

210