by

Lokakarya Mini Tingkat Kecamatan Jonggol, Menuju Masyarakat Kecamatan Jonggol Yang Mandiri Dan Hidup Sehat

Berita Jonggol, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dalam rangka mengidentifikasikan mensinergikan dan membangun komitmen guna terciptanya solusi bagi permasalahan kesehatan untuk pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, 3 Puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Jonggol yaitu Puskesmas Jonggol, Puskesmas Sukanegara, Puskesmas Balekambang beserta Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Polsek, Koramil serta unsur masyarakat menggelar Lokakarya Mini Tingkat Kecamatan yang digelar di Aula Kantor Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 15 Maret 2023.

Dalam keterangan kepada Online News Indonesia (www.olnewsindonesia.com), Camat Jonggol, Andri Rahman S.STP, MSi, menjelaskan bahwa kegiatan lokakarya mini sangat penting karena kesehatan bukan merupakan tanggung jawab Puskesmas semata, melainkan tanggung jawab semua stake holder, tidak terkecuali Forkopimcam , Pemerintah Desa dan unsur masyarakat. Ditambahkan Camat, masalah kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sektor lainnya,

Camat Jonggol kemudian menjelaskan tujuan kegiatan menindaklanjuti program nasional, dimana ada 5 point yang menjadi perhatian dalam lokakarya ini, Pertama, menekan angka stunting di Jonggol. Kedua, menaikan kedatangan bayi dan balita ke Posyandu untuk imunisasi hingga 85 persen. Ketiga, menaikan upaya hidup bersih dan sehat dalam hal Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dari defakasi (Buang Air Besar Sembarangan), serta pengelolaan sampah, serta menjaga lingkungan yang sehat.

Keempat, upaya untuk memberikan gizi yang cukup dan maksimal bagi Ibu hamil dan anaknya dari kehamilan hingga 1000 Hari Pertama Kelahiran, serta menekan angka kematian. Kelima, upaya untuk menekan angka Tuberkolosis (TBC) serta upaya screening lapangan serta membentuk tim penurunan stunting, tim upaya penurunan tuberkolosa.

Sementara dr Adi Nuryadin Kepala UPT Puskesmas Jonggol dalam keterangannya kepada media, berujar bahwa Lokarya Mini ini dalam usaha meningkatkan komitmen bersama lintas sektor dalam penguatan program dan mengukur pencapaian program. Dari Lokarya Mini ini dr Adi Nuryadin bersama dr Yukhi Mustikawaty yang adalah Kepala UPT Puskesmas Sukanegara dan drg Nugrahardani yang merupakan Kepala UPT Puskesmas Balekambang berharap semua pihak bisa andil dan fokus.

“Agar bisa kena sasaran, terutama untuk masyrakat. Terutama peningkatan derajat kesehatan di Kecamatan Jonggol” ujar dr Adi Nuryadin menutup wawancara.

Acara di laksanakan pada jam 8 pagi, dihadiri Kapolsek Jonggol Kompol Mulyadi Asep Fajar SH, Sekcam Jonggol Gogo Badarudin S,Sos, Kasipem Dedi Hidayat SH, MM, Ketua MUI Kiai Jajang, , Ketua KUA Suhendi, Seluruh Kades Kecamatan Jonggol, Ibu Ibu PKK, Para Dokter dan tenaga kesehatan.

Joner