by

Bupati Karo Terima Surat Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal Tari Piso Surit Dalam Acara Roving Seminar Kekayaan Intelektual

Berita Karo, Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang, didampingi oleh Munarta Ginting, SP Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda Dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo, Kabag Hukum Monica Maytrisna Purba dan Plt.Kadis Kominfo Karo Frans Leonardo Surbakti, SSTP, mengikuti acara Roving Seminar Kekayaan Intelektual Sumatera Utara, dengan tema “Memacu Kreativitas dan Inovasi Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional” yang diselenggarakan di Hotel JW Marriot Medan, Sumatera Utara, Rabu, (13/04.2022).

Roving Seminar Kekayaan Intelektual ini merupakan salah satu program unggulan DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual) Kemenkumham tahun 2022 yang diselenggarakan di tujuh tempat di Indonesia. Dengan lokasi pertama diadakan di Provinsi Sumatera Utara.

Gelaran Roving Seminar Kekayaan Intelektual bertujuan meningkatkan pemahaman Kepala Daerah dan Pimpinan Perguruan ting8gi untuk memanfaatkan sistem kekayaan intelektual dalam mendorong percepatan pembangunan ekonomi wilayah.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly mendorong pemerintah daerah untuk berperan aktif dalam menggalang para kreator, inovator, dan pengusaha UKM untuk mendaftarkan kekayaan intelektual.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Sumatera untuk terus menggali potensi daerah, terus berkreasi, berkreasi dan berinovasi, bersama-sama memahami pentingnya perlindungan Kekayaan Intelektual kemudian menjaga kualitasnya, mengembangkannya dan menjadikannya lebih bernilai ekonomi tinggi sehingga itu bisa menjadi pendorong Pemulihan Ekonomi Nasional,” kata Yasonna.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly tersebut, memberikan apresiasi kepada sepuluh Gubernur di seluruh Pulau Sumatera yang memacu pertumbuhan kreativitas dan inovasi kekayaan intelektual daerahnya.

Selain menyerahkan piagam penghargaan, Menkumham Yasonna juga menyerahkan beberapa surat pencatatan hak cipta, sertifikat desain industri, sertifikat merek, sertifikat indikasi geografis, dua surat pencatatan kekayaan intelektual, dan sertifikat paten kepada sejumlah pihak.

Pada kesempatan tersebut Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menerima surat pencatatan kekayaan intelektual komunal Tari Piso Surit yang diserahkan langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly.

Roving seminar ini dihadiri oleh para Gubernur, Pimpinan Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengembangan dari seluruh provinsi di Pulau Sumatera serta jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di seluruh Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

(David/Kominfo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.