by

100 Calon Pokdarwis Disiapkan Pemkot Jakarta Utara

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara menyiapkan sebanyak 100 calon anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk melakukan kunjungan ke Yogyakarta. Kunjungan dilakukan dalam rangka bersinergi dengan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Yogyakarta untuk menggali ilmu dan pengembangan potensi wisata.

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Utara, Abdul Khalit mengatakan, dengan peningkatan kemampuan dan pengelolaan kawasan wisata akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang berada di sekitar lokasi wisata.

“Diharapkan ke depannya terjalin komunikasi yang baik antara Pokdarwis dengan pemerintah yang menghasilkan ide-ide maupun pembaruan terhadap potensi pariwisata di Jakarta Utara,” ujarnya, Minggu (13/11).

Menurut Khalit, pengembangan pariwisata di Jakarta Utara sangat potensial. Sebagai kota pelabuhan yang memiliki sejarah panjang dengan 12 jalur destinasi wisata, potensi Jakarta Utara memadai dan memiliki daya tarik tersendiri.

Sementara, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Jakarta Utara, Wiwik Satriani mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan wisata harus ada sinergi dari pemerintah dengan masyarakat. Karena itu, masyarakat Jakarta Utara ikut dilibatkan melalui wadah Pokdarwis Jakarta Utara.

Calon anggota Pokdarwis Jakarta Utara direkrut dari masyarakat yang berdomisili dekat dengan lokasi 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir Jakarta Utara. Dijadwalkan, mereka dibagi dalam dua kelompok dan akan mulai diberangkatkan ke Yogyakarta menggunakan bus pariwisata dari Kantor Wali Kota Jakarta Utara pada tanggal 15 November serta 22 November 2022.

“Setelah dari Yogyakarta, mereka akan mendiskusikan apa yang ditemukan di sana kemudian melakukan rencana aksi yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan objek wisata di Jakarta Utara,” tandasnya.

210