by

Terkelin : Kita Optimis BPTD Sumut Akan Lanjutkan Pembangunan Dermaga Tongging Tahap II Tepat Waktu

Berita Karo.OLNewsIndonesia,Selasa(14/01)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi, Kadis PUPR Edward Pontianus Sinulingga, ST, Kadis DPMD Abel Tarawai Tarigan, Kadis Parawisata Munar Ginting, Kadis Perikanan Sarjana Purba, SSTP, Sekretaris Dinas Perhubungan Budiman Sinulingga, Camat Merek Juspri Nadeak, tinjau pembangunan Dermaga tahap I, Selasa (14/01) 2020 pukul 15.00 WIB di Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo.

Peninjauan Dermaga tahap I yang ditahun 2019 sudah dilaksanakan pemasangan tiang pancang sebanyak 20 tiang oleh CV Ridho Pratama, kembali kita tinjau, walaupun mangkrak beberapa bulan, tapi kita optimis pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara (Sumut),selaku penyelenggara akan melanjutkan pembangunan tahap II,”kata Terkelin Brahmana.

Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi sejumlah  para OPD dan Kepala Desa Tongging meninjau lokasi pembangunan  Dermaga Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Selasa (14/01) 2020 (Ist).
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi sejumlah para OPD dan Kepala Desa Tongging meninjau lokasi pembangunan Dermaga Tongging Kecamatan Merek Kabupaten Karo, Selasa (14/01) 2020 (Ist).

Momen kedatangan inilah nantinya OPD teknis, setelah meninjau kelapangan agar kembali mengingatkan baik secara lisan maupun tertulis kepada pihak berkompeten dalam hal ini Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara (Sumut), agar tepat waktu maret 2020 sudah dikerjakan,”ujarnya.

” Dengan adanya pembangunan Dermaga Tongging ini dapat meningkatkan kualitas fungsi untuk mendukung kemudahan dalam sistem penyebrangan barang dan orang serta juga sebagai Dermaga Parawisata untuk mendukung kegiatan Geopark Kaldera Danau Toba,”ujarnya.

“Disamping itu, dengan keberadaan Dermaga ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, mewujudkan penyelenggaraan transportasi Danau yang efektif dan Efisien, yang didukung SDM transportasi yang berkompeten sesuai dengan visi misi Kab. Karo,”jelasnya.

Sementara Kepala Bappeda Ir. Nasib Sianturi mengatakan ditahun 2019 telah selesai pemasangan tiang pancang tahap pertama sebanyak 20 titik dan tahun 2020 ini akan dilakukan pembangunan fisik yaitu pembangunan terminal, lahan parkir dan fasilitas pendukung lainnya, “ujarnya.

Sebelumnya, Dermaga ini akan di bangun oleh CV Ridho Pratama dengan luas 10 x 40 m, dan sefty-nya Dermaga Tongging akan dibangun Syahbandar di Dermaga,” jelasnya.

Menurut Sianturi, pembangunan dermaga tahap II akan dimulai lagi bulan Maret 2020, sebab sekarang sudah mulai proses tender dan diperkirakan akan selesai bulan Desember tahun 2020 sehingga saat Nataru (Natal dan Tahun Baru ) Dermaga sudah dapat dioperasikan,”ungkapnya.

Kadis Parawisata Munar Ginting, mengemukakan sangat berharap pembangunan Dermaga ini segera terwujud, alasannya ini adalah salah satu menunjang kemajuan dunia Parawisata Kab Karo, tentu dengan adanya Dermaga sudah pasti kegiatan wisata bertambah banyak dan akan menambah PAD Kab Karo,”jelasnya.

Terang Kadis yang masih beberapa bulan menjabat ini, akan menghidupkan dan menggalakkan kembali Parawisata melalui program dan pengembangan wilayah yang ada, terutama mengikuti irama keberadaan Dermaga Tongging yang berskala Nasional ini, “tutur Munar.

Apalagi, pihak dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah II Provinsi Sumatera Utara (Sumut),
Informasinya akan menempatkan kapal wisata,guna menarik para wisatawan yang sedang berliburan di Tongging menjadi peluang Parawisata Kab. Karo. ucap Ginting.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed