by

Akibat Curah Hujan Yang Tinggi,Beberapa Titik Wilayah Kabupaten Karo Mangalami Longsor

Berita Karo.OLNewsindonesia,Jum’at(14/12)

Akibat tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari belakangan ini dan ditambah derasnya guyuran pada hari Kamis (13/12) 2018 sejak siang hingga malam hari membuat beberapa wilayah di Kabupaten Tanah Karo mengalami longsor.

Dari informasi yang diperoleh, longsor terjadi di  beberapa titik  yakni,Jalan Nasional Karo Aceh Tenggara, tepatnya di desa Kandibata Kecamatan Kabanjahe terdapat tiga titik sehingga menimbulkan kemacetan berkilometer. Untuk itu kenderasn yang hendak menuju Kecamatan Tiga Binanga ataupun sebalikmya terpaksa mengambil jalur melalui Desa Singa tembus Lau Simomo dan penanganannya sudah dilakukan.

Ket foto : Pohon tumbang kebahu jalan akibat hujan deras dari Kamis siang hingga malam harinya. Sehingga mengganggu pengguna jalan.
Ket foto : Pohon tumbang kebahu jalan akibat hujan deras dari Kamis siang hingga malam harinya. Sehingga mengganggu pengguna jalan.

Lonngsor juga  terjadi di  Desa Torong dan Desa Perteguhen Kecamatn Simpang Empat sehingga jalan tertutup tanah dan kayu tumbang, sehingga arus jalan penghubung Kabupaten Karo ke Kabupaten Langkat sempat terkendala ,begitu juga longsor di desa Torong belum dilaksanakan penanganan karena medan yang sulit serta alat berat masih menangani di desa lain.

Selanjutnya di Desa Deram Kecamatan Merdeka terjadi longsor dan kayu tumbang di jalan perladangan dan penangananmya diperlukan alat berat begitu juga di desa Perbaji Kecamatan Tiganderket,longsoran kecil di jalan desa Perbaji menuju desa Tiganderket dan telah dilaksanakan pembersihan. Longsoran kecil juga terjadi di desa Sukandebi Kecamatan Naman Teran dan begitu juga tiang listrik milik PLN tumbang di jalan desa Tigapanah – suka ,tepatnya di Tiga Lembu dan mengakibatkan lampu padam.

Ket foto : Tiang listrik Tumbang ke bahu jalan yang mengakibatkan sebagian wilayah Kabupaten Karo gelap gulita
Ket foto : Tiang listrik Tumbang ke bahu jalan yang mengakibatkan sebagian wilayah Kabupaten Karo gelap gulita

Terpisah, di Jalan Nasional Djamin Ginting Kabanjahe – Berastagi persisnya didepan eks Akper Takasima desa Raya Kec Berastagi Kabupaten Karo, Kamis malam (13/12) 2018 ada beberapa mobil pribadi dan sepeda motor mogok di badan jalan akibat banjir yang menggenangi jalan setinggi 50 cm atau selutut orang dewasa.

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo, Natanail Perangin-angin, mengatakan kepada wartawan , adanya peristiwa longsoran yang terjadi sejak Kamis malam, hingga Jumat (14/12) 2018 dini hari tadi , tidak menelan korban jiwa sama sekali, dan untuk menanggulanginya, alat berat pun sudah dikerahkan.

“Kita menghimbau warga dan masyarakat agar tetap tenang dan waspada serta jauhi kawasan yang dianggap rawan longsor. Lokasi yang belum dibersihkan akan segera dibenahi dan kita menunggu alat berat untuk menyelesaikan satu persatu lokasi dan selanjutnya bergerak ke titik lainnya,” ujarnya kepada wartawan.

(David

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.