by

Pengawasan di TPU Tanah Kusir Akan Ditingkatkan

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pengelola Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir di Jalan Raya Bintaro, RT 02/10, Kebayoran Lama Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, akan meningkatkan pengawasan dengan melibatkan personel Satpol PP dan kepolisian.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Zona 14 TPU Tanah Kusir, Gunawan mengatakan, peningkatan pengawasan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan. Seperti kasus aksi mesum sepasang remaja yang sempat viral di media sosial, Kamis (11/5) kemarin.

“Kasus ini sudah ditangani pihak kepolisian. Tentunya kita akan tingkatkan pengawasan agar kasus seperti ini tidak terjadi lagi,” ujar Gunawan, Jumat (12/5).

Gunawan menambahkan, pihaknya sudah meminta petugas pengamanan dalam (Pamdal) TPU untuk lebih rutin melakukan patroli, terutama pada titik lokasi di areal TPU yang kerap dijadikan tempat nongkrong anak muda.saat siang hari.

“Area TPU luasnya mencapai 52 hektar, jadi banyak celah untuk masuk,”

Disebutkannya, jumlah personel Pamdal di TPJ ini ada 14 orang. Mereka bekerja selama 24 jam secara bergiliran setiap hari. Petugas ini masing-masing menjaga zona muslim dua orang, zona kristen dua orang dan di kantor dua orang.

“Kami akan minta tambahan personel Pamdal ke Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan. Termasuk juga untuk koordinasi dengan unit terkait lainnya,” lanjut Gunawan.

Upaya pengelola TPU Tanah Kusir ini didukung Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, Arwin Barus.

Menurutnya, pihak pengelola TPU memang harus meningkatkan intensitas pengawasan di lokasi dengan melibatkan mitra pendamping dari unsur kepolisian.

“Kita akan koordinasi dengan kelurahan setempat untuk meminta bantuan pengamanan dari unsur Satpol PP. Ini untuk membantu pengawasan aktivitas masyarakat yang berkunjung ke TPU Tanah Kusir,” tandas Arwin.

210