by

Wakil Bupati Pimpin Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2022

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan hari Nusantara tahun 2022 yang digelar di halaman Kantor Bupati Karo, Selasa (13/12. 2022) dengan thema “Peningkatan Ekonomi Maritim melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan untuk Indonesia Lebih Kuat”.

Peringatan hari Nusantara bertujuan untuk mengingatkan kembali serta mengubah mindset bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang juang yang berimbang antara matra darat dan matra laut. Sejalan dengan visi Presiden RI Joko Widodo mengenai poros maritim dunia, yang diharapkan akan mewujud dalam bentuk Indonesia sebagai kekuatan maritim yang bersatu (unity), sejahtera (prosperity), dan berwibawa (dignity).

Wakil Bupati Karo dalam amanatnya menjelaskan bahwa Kabupaten Karo adalah dataran tinggi, akan tetapi Kabupaten Karo adalah bagian dari NKRI yang merupakan negara kepulauan terbesar dunia. “Laut sangat berperan dalam menunjang sistem perekonomian Kabupaten Karo, hasil pertanian seperti jeruk dan sayur mayur dikirim keluar pulau sumatera melalui jalur laut,” kata Wakil Bupati.

“Mensyukuri dan memperingati saja tidaklah cukup, kita harus berbuat yang lebih produktif dan bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya kelautan yang luar biasa, karunia Tuhan yang maha esa,” tambahnya.

Upacara peringatan hari Nusantara ini turut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Karo dan sebagai peserta upacara terdiri dari TNI/Polri, ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo, Instansi Vertikal, dan pelajar di Kabupaten Karo.

(David)