by

Beroperasi Pekan Depan Pos Gizi Susukan Jakarta Timur

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pos Gizi yang dibangun Puskesmas Kecamatan Ciracas bersama Kelurahan Susukan di Sekretariat RW 01 Jalan Justin Susukan, Jakarta Timur, akan mulai beroperasi pekan depan.

Menurut Lurah Susukan, Andri Priwitama Maila, pengoperasian Pos Gizi ini dilakukan untuk mencegah timbulnya kasus stunting pada Balita. Nantinya, warga yang memilki Balita akan diajarkan cara memasak makanan bergizi dan sehat. Saat ini di wilayah RW 01 tercatat ada 24 Balita

“Agar Balita tumbuh subur, sehat dan cerdas maka perlu asupan gizi yang seimbang. Karena itu perlu dibentuk Pos Gizi di lokasi tersebut,” kata Andri, Rabu (13/7).
Menurutnya, pelatihan akan diberikan selama tiga bulan dengan melibatkan kader TP PKK dan Puskesmas Kecamatan Ciracas. Setiap bulan pelatihan digelar 10 hari. Untuk bulan Juli, kegiatan dimulai pada 18 hingga 28 Juli mendatang.

“Setiap hari ada 10 kader PKK dan lima petugas kesehatan disiagakan di lokasi,” jelasnya.

Kasetpel Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Kecamatan Ciracas, Yuni Astuti menambahkan, saat pos gizi dioperasikan, pihaknya akan memberikan penyuluhan setiap hari dengan tema berbeda-beda. Agar ibu yang memiliki Balita mempunyai pengetahuan lebih tentang gizi.

“Ini program inovasi baru dari Puskesmas Kecamatan Ciracas dan pelopornya di RW 01 Susukan. Karena di sini data laporan kadernya bagus dan cukup aktif,” pungkas Yuni.

Jmy